• Dok , saya mau tanya anak saya umur 1 tahun awalnya minum susu bebylove tahap 2  dan sekarang saya ganti susu dancow 1+ tapi kenapa semenjak ganti susu dancow sehari bisa BAB sampai 6 x bahkan lebih warnanya kuning dan cair dok tapi anak saya sama sekali enggak rewel atau ngerasa sakit makan pun masih seperti biasa.

    Apakah penyebabnya karena ganti brand susu atau karena menyesuaikan rasa kaerna kan susu 1 tahun keatas sudah ada rasanya. Terima kasih dok mohon dijawab

    Selamat pagi.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan BAB berulang pada anak anda. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Diare atau buang air besar lebih dari 3 kali dalam sehari dengan konsistensi tinja berubah menjadi lebih cair merupakan salah satu keluhan yang sering muncul dan dialami oleh beberapa individu termasuk anak atau bayi usia 1 tahun.

    Ada beberapa hal yang mempengaruhi frekuensi buang air besar pada bayi antara lain ASI atau susu formula yang dikonsumi, makanan tambahan pendamping ASI, pola makan dan minum, aktivitas, dan juga kecepatan tubuh bayi untuk mencerna makanan yang masuk. Adanya perubahan pada salah satu faktor tersebut maka gangguan pada buang air besar bisa saja terjadi.

    Selain itu bisa juga terjadi karena infeksi baik karena virus, bakteri atau sebab lainnya. Keluhan diare yang muncul akibat infeksi merupakan salah satu gejala dari penyakit gastroenteritis.

    Gastroenteritis merupakan infeksi pada lambung dan usus. Gejala tambahan selain diare yang bisa muncul akibat penyakit ini antara lain: kram perut, mual dan muntah, perut kembung, demam, nafsu makan berkurang dan lain sebagainya

    Penanganan diare yang paling utama adalah dengan terapi rehidrasi, yaitu mengembalikan cairan tubuh yang hilang lewat diare maupun muntah.

    Namun untuk memastikan penyebab keluhan dan terapi terbaik bagi anak anda ada baiknya dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter. https://mediskus.com/penyakit/9-penyebab-mencret-diare-dan-cara-mengatasinya

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Tentang Bab Berwarna Kuning dan Cair pada Anak Semenjak Ganti Susu

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.