• Dear dokter

    Saya mau bertanya tentang menghilangkan bau badan dan bau kaki, nah tips yang paling ampuh dengan cara apa ya? Dan saya baca pada artikel untuk menghilangkan bau badan bisa dengan bantuan dokter kalau mau konsultasi kita sebaiknya ke dokter spesialis apa?

    Mohon dijawab terimakasih

    Selamat malam.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com mengenai bau badan dan bau kaki. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Keluhan bau badan dan kaki bisa terjadi karena banyak hal antara lain karena keringat berlebihan bercampur dengan kotoran di badan dan bakteri yang menumpuk di kulit.

    Oleh karena itu untuk menyiasati nya perlu menjaga tubuh agar keringat tidak terlalu banyak, mandi 2 – 3 kali sehari untuk menghilangkan kotoran dan bakteri yang menumpuk, menggosok bagian lipatan kulit seperti ketiak, penggunaan pakaian yang menyerap keringat, menggunakan deodoran.

    Beberapa penyebab keluhan keringat berlebih antara lain:

    • Pengaruh psikosomatis. Keluhan keringat dingin dan jantung berdetak cepat sering terjadi pada individu yang mudah gugup dan cemas. Individu seperti ini sering sekali mengalami stress akibat kondisi yang dihadapinya, misal saat individu tersebut masuk ke lingkungan baru dan lain sebagainya. Sebagian besar orang yang mudah cemas akan mengalami tangan yang berkeringat dan mudah dingin.
    • Hipertiroid merupakan penyakit gangguan fungsi kelenjar tiroid dimana kadar hormon tiroid melebihi normal. Keluhan yang muncul bisa berupa keringat berlebihan, namun disertai juga dengan keluhan lainnya antara lain jantung berdebar, tangan gemetaran, mata melotot, berat badan menurun, badan mudah kepanasan dan lain sebagainya.
    • Penyebab lain

    Jika keluhan sangat mengganggu ataupun disertai keluhan lainnya maka perlu dilakukan pemeriksaan diri secara langsung ke dokter.

    Cara Menghilangkan Bau Badan

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Tentang Cara Menghilangkan Bau Badan dan Bau Kaki

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.