• apakah bercak pada paru paru atau fibrokalsifikasi pada paru paru saya bisa di hilangkan dok?

    Selamat sore.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang bercak paru atau fibrokalsifikasi. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Istilah flek atau bercak pada paru kerap kali disebut – sebut oleh orang awam. Ada beberapa tipe bercak pada paru salah satunya fibrokalsifikasi.

    Fibrokalsifikasi biasanya terjadi pada seseorang yang pernah mengalami tuberkulosis paru. Namun untuk memastikan penyebab keluhan anda ada baiknya anda berkonsultasi langsung dengan dokter yang memeriksa anda.

    Jika memang yang terjadi adalah bekas TBC dan sedang tidak aktif maka tak perlu pengobatan. Namun jika muncul kasus baru maka perlu pengobatan anti tuberkulosis selama 6 bulan berturut – turut.

    Tuberkulosis (TBC) paru merupakan infeksi bakteri Micobacterium tuberculosis yang mengenai parenkim paru. Gejala TBC paru antara lain berupa batuk lama lebih dari 3 minggu baik tanpa darah atau pada tahap lanjut dapat muncul keluhan batuk berdarah).

    Keluhan lain TBC paru yaitu demam tanpa sebab yang jelas dalam 1 bulan terakhir terutama saat malam hari, penurunan berat badan dan lain sebagainya.

    Pengobatan pasien yang baru pertama kali mengalami TBC paru adalah dengan minum obat antituberkulosis selama 6 bulan berturut – turut tanpa henti.

    Jika terjadi kasus putus obat maka perlu dilakukan pengobatan ulang. Durasi pengobatan akan ditentukan oleh dokter berdasarkan hasil pemeriksaan. Oleh karena itu silakan konsultasi langsung dengan dokter yang menangani anda sehingga dapat ditentukan pengobatan yang terbaik bagi anda.

    Ciri-Ciri Penyakit TBC (Tuberkulosis)

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Tentang Fibrokalsifikasi

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.