• Selamat sore dok

    Saya sugiarsih 29 th.

    Dokter saya mau bertanya, apakah KB spiral dapat mempengaruhi hormon.

    Terimakasih sebelumnya.

    Selamat pagi.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan efek samping IUD. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Alat kontrasepsi berperan untuk mencegah kehamilan.  Ada beberapa jenis alat kontrasepsi yang banyak digunakan salah satunya IUD atau KB spiral. IUD ada yang mengandung hormonal dan ada yang tidak.

    IUD yang mengandung hormon bersifat lokal artinya efek hormon hanya akan bekerja pada bagian tertentu saja dan tidak menimbulkan efek sistemik seperti KB hormonal lainnya seperti tidak haid, jerawat, flek wajah dan lain sebagainya.

    Secara umum ada beberapa efek samping yang bisa dialami pengguna IUD antara lain sebagai berikut:

    1. Gangguan menstruasi. Hal ini bisa terjadi akibat penggunaan IUD jenis copper. Jenis IUD ini bisa meningkatkan resiko perdarahan dan kram atau nyeri perut saat terjadi menstruasi.
    2. Perforasi rahim. Satu dari 1000 orang yang menggunakan alat kontrasepsi IUD berisiko mengalami perforasi atau luka pada uterus (rahim). Jika penggunaan IUD menyebabkan luka pada rahim pasien maka penggunaan alat ini harus dihentikan.
    3. Lepasnya IUD dari rahim sehingga fungsi proteksi dari kehamilan tidak ada. Sekitar 2 dari 10 hingga 100 orang pengguna kontrasepsi IUD dapat mengalami ekspulsi atau terlepasnya IUD dari uterus (rahim). IUD ini biasanya masuk ke vagina, dan biasa terjadi pada tahun pertama pemasangan IUD. Ekspulsi sering terjadi ketika IUD dipasang segera setelah kelahiran atau pada wanita yang tidak pernah mengalami kehamilan sebelumnya.

    Untuk memastikan penyebab keluhan anda ada baiknya dilakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter.

    7 Efek Samping KB Spiral (IUD)

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Tentang Kb Spiral Apakah Dapat Mempengaruhi Hormon

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.