• Dok hari minggu kemarin saya keguguran menggunakan cytotec..,saya sudah mengalami pendarahan dan mengeluarkan jaringan.. tetapi sekarang badan saya agak demam dan terasa mual?

    Apakah aborcy saya gagal? Dan rasa mual sama demam nya seperti gejala hamil dok.. apakah kehamilan saya masih berlanjut? Terima kasih

    Selamat sore.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keguguran. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya,

    Keguguran atau dalam istilah kedokteran disebut sebagai abortus merupakan pengeluaran hasil konsepsi atau pembuahan dari dalam rahim ibu hamil kurang dari 20 minggu kehamilan. Abortus bisa terjadi secara spontan atau buatan.

    Abortus buatan bisa karena indikasi terapi atau bisa juga terjadi karena kriminalis.  Pada kasus anda dimana tindakan abortus dilakukan sendiri dan bukan atas indikasi medis misalnya janin tidak berkembang dan lain sebagainya maka termasuk dalam abortus kriminalis .

    Tindakan ini sangat dilarang dan jika dilakukan sendiri maka bisa menimbulkan efek samping baik bagi ibu maupun janin.

    Berdasarkan riwayat yang anda sampaikan dimana setelah minum obat peluruh kandungan, keluar darah serta jaringan maka keguguran sudah terjadi.

    Namun yang harus dipastikan apakah rahim anda sudah bersih dari jaringan sisa konsepsi atau tidak. Karena jika belum bersih dan masih ada yang tertinggal maka dapat menyebabkan infeksi yang dapat membahayakan diri anda sendiri.

    Keluhan demam, mual dan lainnya yang dialami anda bisa karena adanya infeksi namun bisa juga karena sebab lainnya. Untuk memastikan nya maka silakan periksa kan langsung ke dokter.

    Ada baiknya dilakukan pemeriksaan USG untuk memastikan tidak ada lagi janin dalam kandungan anda. https://mediskus.com/wanita/penyebab-keguguran-tanda-tanda-dan-pencegahan

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

    Terima kasih dok.. tapi apakah saya masih hamil tidak?

    Seperti yang sudah saya sampaikan pada penjelasan di atas, untuk memastikan apakah anda saat ini masih hamil atau tidak perlu dilakukan pemeriksaan USG. Tidak bisa hanya berdasarkan keterangan yang anda sampaikan, lalu bisa ditegakkan diagnosis kondisi anda saat ini. Dokter perlu melakukan pemeriksaan langsung pada anda baik dengan pemeriksaan fisik ( pemeriksaan dalam untuk melihat rahim) dan juga pemeriksaan penunjang ( USG kehamilan) untuk memastikan diagnosis dari kondisi yang anda alami saat ini.

    Sekian.

    <p style=”text-align: left;”>Terima kasih dok</p>

Beranda Tanya Dokter Tentang Keguguran Menggunakan Cytotec

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.