• Ali Masud

    Assalammualaikum dok,saya mengalami biduran di beberapa tempat di tubuh yang bisa sangat besar,gatal,dan tebal. Saya sudah 4 Kali pengobatan,Dan rata-rata diberi dexamethasone Dan antihistamin. Kata dokter nya alergi makanan dapat ayam telur,juga hawa dingin.

    Tapi semua itu tidak berlaku dok ketika saya makan ayam enggak alergi,ketika dingin enggak alergi,biduran nya itu enggak bisa ditentukan dok munculnya,terus kalau minum dexamethasone atau antihistamin,itu reaksinya cuma 2 atau 3 HARI,kemudian biduran lagi,begitu terus terulang,bagaimana dok?

    Mohon sarannya.

    Selamat malam.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan biduran. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Keluhan gatal – gatal dan bentol pada kulit merupakan keluhan yang sangat umum dirasakan oleh hampir tiap individu. Rasa gatal merupakan respon normal tubuh ketika ada sesuatu yang menstimulus atau mengiritasi kulit.

    Gatal bisa disebabkan karena hal ringan atau penyakit tertentu yang lebih berat. Salah satu penyebab keluhan gatal dan bentol adalah karena urtikaria.

    Urtikaria dapat menyebabkan gatal yang disertai bentol  – bentol pada kulit akibat reaksi inflamasi (peradangan) pada pembuluh darah kulit. Hal ini bisa disebabkan oleh banyak hal misal udara dingin, binatang, infeksi, dan lain sebagainya.

    Oleh karena itu untuk menghentikan berulangnya keluhan harus dicari tahu sumber penyebabnya. Tatalaksana yang diberikan tergantung diagnosis penyakitnya.

    Oleh karena itu silakan memeriksakan langsung ke dokter agar bisa dilihat gambaran klinis nya secara langsung. Anda bisa memeriksakan diri ke dokter spesialis kulit ataupun dengan dokter spesialis penyakit dalam untuk memastikan sumber penyebabnya.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Kenali Penyebab Gatal Pada Kulit Anda

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Tentang Keluhan Alergi Makanan atau Biduran

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.