• Selamat sore dok,

    Anak saya usia 11 tahun, awalnya pulang sekolah badannya panas, malam hari masih panas, dan gejala flu, akhirnya saya memberikan obat penurun panas, namun sempat sakit perut, kebelakang katanya menceret tapi sedikit.

    Keesokan harinya panasnya turun, tapi tetap sakit perut, menceret. Saya sempat memberikan obat Anakonidin, mengingat panasnya naik turun, dan ada pilek. Hari ini masih merasakan sakit perut lagi seusai makan, dan menceret lagi. Apakah boleh saya berikan obat new diatabs? Terimakasih dokter.

    Selamat sore.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan demam. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Demam merupakan peningkatan suhu tubuh di atas 37,5 derajat celsius. Keluhan ini merupakan keluhan umum yang kerap dialami oleh beberapa individu.

    Penyebabnya beraneka ragam sehingga perlu digali informasi mengenai karakteristik demam misalnya apakah demam tinggi mendadak ataukah naik perlahan, sejak kapan demam dirasakan,

    Apakah demam terus menerus sepanjang waktu atau naik turun, adakah waktu tertentu yang menunjukkan suhu lebih tinggi misalnya pada sore dan malam hari serta gejala penyerta yang mengalami.

    Perlu anda ketahui bahwa penyebab demam sangat banyak sekali, paling sering karena infeksi. Berikut akan dijelaskan beberapa kemungkinan penyebab demam antara lain:

    • Demam tifoid merupakan salah satu penyebab keluhan demam. Demam terjadi terutama pada sore dan malam hari kemudian akan turun pada pagi hari. Biasanya disertai keluhan gangguan cerna seperti mual, tidak nafsu makan dan lainnya.
    • Infeksi virus juga bisa menjadi salah satu penyebab demam. Biasanya demam berlangsung tinggi mendadak. Keluhan lain bisa menyertai tergantung virus penyebab dan organ mana yang diserang. Virus bisa menyerang saluran napas sehingga terjadi infeksi saluran napas atau menyerang bagian lainnya.
    • Gastroenteritis atau infeksi lambung dan usus. Gejala yang muncul selain demam berupa diare, nyeri perut dan lain sebagainya.
    • Penyebab lainnya

    Banyaknya kemungkinan penyebab membuat pentingnya pemeriksaan secara langsung oleh dokter baik pemeriksaan fisik maupun penunjang. Jika demam baru berlangsung 3 hari atau kurang maka cukup diberikan obat penurun panas terlebih dahulu.

    Namun jika demam berlangsung lebih dari 3 hari maka disarankan untuk melakukan pemeriksaan darah untuk memastikan penyebab. Pengobatan tergantung penyebab keluhan.

    Silakan baca artikel berikut:

    Mengatasi Demam / Panas Pada Anak

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Tentang Keluhan Panas, Flu dan di Sertai Menceret

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.