• Dok, saya mau bertanya, Bintik bintik merah di badan dan berisi cairan putih dan terasa gatal, jika di garuk akan pecah dan meninggalkan bekas hitam di kulit, itu kenapa ya?

    Selamat pagi.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan bintik merah gatal. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Penyakit kulit biasanya memiliki gambaran klinis yang mirip antara penyakit satu dengan lainnya. Begitu pun dengan keluhan bintik – bintik merah pada kulit yang terasa gatal.

    Dalam forum ini kami tidak bisa memastikan penyebab keluhan pasien namun hanya memberikan kemungkinan – kemungkinannya saja. Karena penegakan diagnosis baru bisa dilakukan dengan penggalian informasi secara detail ke pasien, pemeriksaan fisik dan atau pun pemeriksaan penunjang.

    Penyebab keluhan bintik merah yang terasa gatal bisa karena beberapa hal antara lain sebagai berikut:

    • Infeksi jamur merupakan salah satu penyebab keluhan bintik merah dan gatal pada kulit.
    • Infeksi parasit juga dapat memberikan keluhan yang sama.
    • Dermatitis alergi misalnya karena bahan pakaian tertentu, bulu binatang dan lain sebagainya bisa menyebabkan keluhan bintik pada kulit yang terasa gatal.
    • Dermatitis venenata akibat toksin serangga, gigitan serangga, air liur serangga dan lain sebagainya bisa menyebabkan keluhan bintik merah yang terasa perih seperti melepuh.
    • Penyebab lainnya

    Rata – rata jika bintik merah di atas di garuk akan menimbulkan bercak hitam bekas luka. Untuk memastikan penyebab keluhan anda ada baiknya dilakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan atau pun pemeriksaan penunjang yang sesuai guna menegakkan diagnosis penyakit yang anda alami. Pengobatan yang diberikan tergantung dari penyebab keluhan anda.

    Mengenal Penyakit Ruam Kulit

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Tentang Keluhan Bintik Bintik Merah yang Gatal di Badan

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.