• Dok… Sekitar bulan april saya suntik kb 3 bulan tapi selama hampir 3 bulan juga saya haid enggak teratur flek flek gitu dan akhirnya pas sampai perpanjangan waktu suntik saya berhenti enggak suntik lagi.

    Karena malas sama haid yang enggak teratur tadi kadang haid kadang tidak. Kebetulan suami suami saya mau saya hamil lagi jadi enggak kb kb  lagi ini sudah november masih belum teratur akhir bulan oktober  saya haid in awal november ini saya haid lagi.

    Penanganan nya bagai mana ya biar semua kembali lagi dan saya bisa hamil anak k.2 . Terima kasih

    Selamat pagi.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan haid tidak teratur post suntik KB 3 bulan. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    KB memiliki manfaat yang sangat baik karena berfungsi melindungi agar seorang wanita tidak hamil, namun alat kontrasepsi juga memiliki efek samping bagi penggunanya terutama untuk penggunaan KB hormonal.

    Yang termasuk KB hormonal sendiri ada beberapa jenis antara lain pil KB, KB suntik 1 bulan dan 3 bulan, serta implan. Berikut adalah beberapa efek samping dari penggunaan suntik KB 3 bulan yaitu antara lain:

    • Menyebabkan perdarahan yang tidak teratur
    • Nafsu makan dan berat badan bertambah
    • Jerawat
    • Rambut rontok hingga kebotakan
    • Keputihan
    • Menstruasi sedikit atau tidak mens atau mens tak teratur.

    Keluhan yang anda alami memang kemungkinan besar terjadi akibat penyuntikan KB 3 bulan. Biasanya efek samping KB suntik 3 bulan akan hilang setelah beberapa bulan (rata – rata maksimal 6 bulan) setelah dihentikannya penggunaan KB tersebut.

    Namun jika keluhan masih terus berlanjut maka alangkah baiknya anda memeriksakan kondisi anda terlebih dahulu untuk mendapat penanganan yang sesuai.

    Silakan baca artikel berikut:

    Waspadai Efek Samping KB Suntik 3 Bulan

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Tentang Keluhan Haid yang Tidak Teratur

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.