• Dokter,

    Saya mau bertanya, kira kira sudah hampir 1 bulan saya mengalami sesak nafas dan sulit mengambil nafas yang dalam, sesak nafas nya bukan hanya pada malam hari, tapi siang hari pun saya masih merasakannya.

    Kadang setelah makan saya juga merasakan sesak nafas. Mohon penjelasannya dok, dan kira kira saya harus periksa ke dokter spesialis apa ya dok?

    Umur saya 25 tahun, pekerjaan saya sebagai karyawan swasta.

     

    Terima kasih dokter.

    Selamat pagi.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan sesak napas. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Sesak napas bisa disebabkan oleh banyak hal. Sayangnya dalam forum ini anda kurang memberikan informasi secara detail terkait keluhan ini misalnya adakah bunyi mengi saat menarik atau menghembuskan napas, adakah keluhan batuk atau pilek yang menyertai, adakah keluhan demam, adakah riwayat alergi atau asma yang anda alami dan masih banyak lagi.

    Sesak napas dapat dialami karena beberapa penyebab antara lain karena:

    • Infeksi pada parenkim paru, yang paling sering adalah akibat tuberkulosis paru karena infeksi bakteri Micobacterium tuberculosis. Gejala TBC paru antara lain berupa batuk lama lebih dari 3 minggu baik tanpa darah atau pada tahap lanjut dapat muncul keluhan batuk berdarah) hingga sesak napas.
    • Keluhan lain TBC paru yaitu demam tanpa sebab yang jelas dalam 1 bulan terakhir terutama saat malam hari, penurunan berat badan dan lain sebagainya.
    • Keganasan paru. Tumor ganas dapat menyebabkan keluhan batuk darah yang bisa disertai keluhan lain berupa sesak napas, penurunan berat badan, dan sebagainya.
    • Asma bronkhial merupakan salah satu penyebab keluhan sesak napas, biasanya disertai bunyi mengi saat menarik atau menghembuskan napas.
    • Bronkhitis atau infeksi pada rongga bronkus.
    • Penyakit jantung koroner juga bisa menyebabkan keluhan sesak napas.
    • Gagal ginjal menjadi penyakit di luar paru yang dapat menyebabkan keluhan sesak napas.
    • Dan lain sebagainya

    Karena kemungkinan penyebabnya sangat banyak maka perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung baik berupa pemeriksaan fisik maupun pemeriksaan penunjang oleh dokter sehingga dapat ditentukan diagnosis pastinya serta mendapat terapi yang sesuai.

    Jika anda belum pernah memeriksakan diri ke dokter sekalipun, anda bisa konsul ke dokter umum terlebih dahulu. Pengobatan tergantung dari penyebab keluhan anda.

    30 Penyebab Sesak Nafas Disertai Ciri-cirinya

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

    Terima kasih dok atas penjelasannya

Beranda Tanya Dokter Tentang Keluhan Sesak Nafas yang Tak Kunjung Sembuh

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.