• Halo dok

    Sudah 3 hari ini telinga kanan saya terasa pengang, seperti penuh dan tersumbat air atau kedap udara. Sudah saya bersihkan dengan pembersih dari besi tetapi justru saya tidak mendapat kotoran apa apa Juga .

    Sudah saya beri obat tetes telinga, tetapi masih belum ada hasil juga. Jika saya ingat ingat awalnya saya merasa sedikit nyeri kemudian ada tekanan didalam telinga yang akhirnya terasa pengang ini. Pengang ini sangat mengganggu, saya mengalami sedikit penurunan pendengaran.

    Mohon bantuannya dok.

    Terimakasih

    Selamat malam.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan telinga terasa penuh. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Keluhan telinga yang terasa penuh dan mengalami penurunan pendengaran bisa terjadi karena beberapa hal misalnya karena adanya serumen yang menyumbat hingga karena adanya cairan yang menggenang di dalam telinga.

    Jika keluhan yang anda alami ini disertai rasa nyeri di telinga maka biasanya terjadi akibat adanya infeksi. Infeksi bisa terjadi di telinga luar, tengah atau pun dalam.

    Faktor pencetus keluhan infeksi telinga antara lain karena kebiasaan mengorek – ngorek telinga, adanya benda asing di dalam telinga, kebiasaan menggunakan lilin telinga, infeksi saluran napas yang tidak diobati hingga tuntas dan lain sebagainya.

    Infeksi bisa terjadi akibat bakteri, virus, jamur atau pun mikroorganisme lainnya. Infeksi pada telinga luar (otitis eksterna ) dan infeksi pada telinga tengah (otitis media) merupakan infeksi telinga yang paling sering terjadi.

    Keluhan yang dirasakan mulai dari nyeri telinga, keluar cairan dari telinga, penurunan pendengaran dan lain sebagainya.  Namun untuk memastikan keluhan yang anda rasakan pada telinga adalah akibat infeksi telinga atau bukan maka perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter terutama dokter spesialis THT.

    Pengobatan yang diberikan harus sesuai dengan penyebab keluhan. Jika karena bakteri maka perlu antibiotik untuk membunuh semua bakteri yang berkembang.

    Jika karena jamur maka perlu diberikan anti jamur. Namun obat – obatan lainnya untuk mengatasi keluhan juga bisa diberikan, seperti obat penghilang nyeri dan peradangan dsb. Perlu pengobatan yang tepat dan adekuat agar kuman penyebab bisa hilang. Oleh karena itu silakan konsultasi dengan dokter secara langsung agar bisa mendapat pengobatan yang tepat.

    Cara Tuntas Mengatasi Telinga Tersumbat

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Tentang Keluhan Telinga Kanan Pengang, seperti Penuh

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.