• Aisyah wulandari

    Assalamualaikum. Dok saya aisyah
    Saya mau bertanya . telinga saya dulu pernah ada gumpalan darah bahkan pernah operasi kecil pengambilan gumpalan darah tersebut . setelah kejadian itu sekarang telinga saya sering tersumbat kotoran/apa saya sendiri tidak tau ada apa di dalamnya .

    Dan kalau di bersihkan di ambil kotorannya berdarah.  Itu kenapa ya dok mohon penjelasannya . dan solusinya bagaimana ? Terimakasih</p>

    Selamat pagi.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan telinga berdarah. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Telinga berdarah bisa terjadi karena beberapa hal mulai dari luka lecet pada liang telinga, trauma, infeksi pada telinga baik telinga tengah hingga dalam, adanya tumor atau daging tumbuh pada telinga dan lain sebagainya.

    Untuk memastikan nya perlu dilakukan pemeriksaan secara detail oleh dokter. Saran saya sebaiknya jangan terlalu sering dikorek – korek karena malah akan menimbulkan infeksi yang lebih dalam.

    Kebiasaan mengorek- ngorek telinga, baik dengan cotton bud atau pun dengan jari tangan, dapat menyebabkan liang telinga iritasi dan luka hingga pada akhirnya kuman berkembang biak dan menimbulkan infeksi.

    Untuk memastikan penyebab keluhan anda sebaiknya dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu oleh dokter terutama spesialis THT ubaik dengan pemeriksaan fisik dan atau pun pemeriksaan penunjang. Pengobatan yang diberikan tergantung dari penyebab keluhan anda.

    Silakan baca artikel berikut:

    Telinga Berdarah, Ada Apa Ini ?!

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Tentang Keluhan Telinga yang Terus Tersumbat

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.