• Dok saya ingin bertanya. Kejadiannya 3 tahun yang lalu, waktu itu saya kecelakaan dok.  Otot jari saya melemah dan tidak bisa mengenggam. Apakah otot tendon saya di bagian jari jari bisa normal kembali dok?

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Tendon yang putus sebenarnya masih bisa disambung kembali dengan cara dijahit.  Namun memang membutuhkan waktu yang cukup lama hingga berbulan – bulan. Pasca operasi penyambungan tendon diperlukan waktu sekitar 2-3 bulan sampai tendon dapat menyatu dengan baik. Tingkat keberhasilan tindakan penyambungan tergantung pada berat ringannya cedera yang terjadi. Jika luka cukup berat maka akan sulit untuk mengembalikan ke fungsi normal. Setelah menyatu, tendon tidak bisa langsung digunakan secara normal karena tetap harus dilakukan tindakan rehabilitasi yang bertahap guna mengembalikan fungsi tendon dan otot-otot yang bermasalah.

    Rehabilitasi dilakukan secara bertahap untuk melatih kemampuan tendon dan juga otot dalam melakukan gerakan-gerakan . Proses rehabilitasi ini membutuhkan waktu yang cukup panjang dan sebaiknya anda berkonsultasi langsung dengan dokter yang  melakukan pemeriksaan terutama dengan dokter spesialis ilmu kedokteran fisik dan rehabilitasi (Sp.KFR) untuk menentukan terapi dan latihan yang tepat guna memulihkan kondisi kesehatan tangan anda.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Hemiparesis : Gejala, Penyebab, Pengobatan


    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Apakah Otot Tendon yang Melemah Bisa Normal Kembali?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.