• Assalamualaikum 

     

    Permisi dok saya kusuma usia saya 18 tahun, saya mau tanya dok, bulan Mei 2017 kemarin saya mengalami tragedi kecelakaan kerja yang mengakibatkan tulang paha (femur) patah. Dan hasil dari ronsen terdapat serpihan patahan tulang juga hingga akhirnya saya dipasang pen.

    Pada bulan ke 4 setelah pasang pen saya mencoba untuk lepas dari tongkat tanpa anjuran dari dokter, hingga kurang lebih satu bulan saya jarang lagi menggunakan tongkat.

    Yang saya mau tanyakan apakah ada resiko terburuk dari tindakan saya lakukan ini? Karena setelah lepas itu saya tidak pernah merasa nyeri atau pun sakit di kaki saya. Terimakasih dok ?

    Selamat sore.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang patah tulang. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Pada prinsipnya ada beberapa latihan gerak yang dapat dilakukan pasien dengan patah tulang sebelum beraktifitas normal seperti biasanya. Hal ini perlu dilakukan agar gerakan yang dilakukan tidak malah menimbulkan masalah atau membuat cidera lambat untuk sembuh.

    Berikut adalah beberapa latihan gerak pada pasien patah tulang:

    • Latihan menggerakkan kaki secara pasif : misal gerakkan kaki ke kiri dan ke kanan dengan bantuan tenaga dari luar sehingga kaki yang sakit tidak bergerak sendiri. Jadi tidak ada kontraksi otot atau aktifitas otot pada kaki yang sakit. Semua gerakan harus sampai batas nyeri pasien saja, jangan dipaksa.
    • Latihan menggerakkan kaki secara aktif : gerakan dilakukan oleh anggota gerak tubuh itu sendiri tanpa ada bantuan. Lakukan secara perlahan, usahakan sampai maksimal kaki bisa digerakkan.
    • Latihan melawan tahanan : kaki berusaha melawan tahanan ringan yang diberikan tenaga dari luar.
    • Latihan gerak fungsional: kaki mulai dipersiapkan untuk melakukan gerak/aktivitas seperti biasa misal berdiri, berjalan. Lakukan secara perlahan, jangan dipaksa.

    Pada kasus yang anda alami dimana anda melepaskan tongkat tanpa saran dokter memang sebaiknya tidak dilakukan. Namun pada prinsipnya anda boleh saja melepaskannya dan menggunakan kaki anda sendiri untuk berjalan selama tidak dipaksakan.

    Pasca mengalami operasi penyambungan tulang femur maka perlu dilakukan latihan secara bertahap agar fungsi alat gerak anda kembali seperti semula. Tindakan ini tidak boleh dipaksakan karena dapat menyebabkan jaringan yang baru mulai menyembuh akan terluka kembali dan dapat memplmbat proses penyembuhan tulang.

    Berapa Lama Waktu Penyembuhan Setelah Patah Tulang

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Tentang Patah Tulang Akibat Kecelakaan

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.