• Assalamualaikum wr.wb.

    Dok saya mau tanya? 6 bulan lalu saya patah tulang paha dan di bawa ke dukun sangkal putung .

    Ternyata setelah di fto rongen ternyata belum nyambung dan ada yg nyambung beberapa bagian tapi tidak pada posisinya beengkok kebelakang.

    Apakah ini bisa di perbaiki lagi dok.. apakah harus secepat nya operasinya. Soalnya saya terkendala biaya..

    Terima kasih sebelumnya

    Selamat pagi.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan patah tulang. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Pasien yang mengalami patah tulang sangat tidak disarankan untuk melakukan pengobatan dengan cara alternatif seperti datang ke sangkal putung, tukang pijit dan lain sebagainya.

    Hal ini dikarenakan pengobatan alternatif yang diberikan tidaklah sesuai. Hampir semua kasus patah tulang yang dibawa ke alternatif akan mengalami masalah mulai dari tulang yang tidak menyambung, tulang menyambung namun tidak sesuai dengan bentuk anatomisnya hingga yang paling buruk berupa kecacatan permanen.

    Patah tulang didefinisikan sebagai terputus nya kontinuitas tulang dengan atau tanpa pergeseran segmen yang patah. Patah tulang dalam istilah kedokteran disebut juga dengan fraktur.

    Ada beberapa tipe fraktur dan dibagi menjadi beberapa klasifikasi yaitu antara lain berdasarkan garis patahan nya (fraktur simple, fraktur kominutif dan sebagainya), berdasarkan jaringan di sekitarnya (terbagi menjadi fraktur terbuka dan fraktur tertutup), dan klasifikasi fraktur lainnya.

    Penyebab patah tulang sangat beraneka ragam, yang paling sering karena trauma atau benturan benda keras.

    Sebenarnya tidak semua kasus patah tulang butuh tindakan operatif. Namun pada kasus anda kemungkinan besar perlu dilakukan tindakan operatif untuk mereposisi tulang yang sudah terlanjur menyambung tidak sempurna.

    Namun untuk memastikan tindakan apa yang paling tepat dilakukan, apakah tulang masih bisa diperbaiki dan lain sebagainya maka anda perlu berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis bedah tulang (ortopedi) agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang guna memastikan kondisi tulang anda. Penanganan yang diberikan tergantung hasil pemeriksaan ini.

    Berapa Lama Waktu Penyembuhan Setelah Patah Tulang

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Tentang Patah Tulang di Bagian Paha Apakah Harus di Operasi

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.