• Dok, saya di vonis terkena polip hidung oleh dokter umum yang saya temui untuk ke empat kalinya setelah merasakan pilek & hidung tersumbat yang tak kunjung sembuh selama berbulan-bulan.

    Katanya kalau ke THT pasti sudah disuruh operasi tapi ayah saya tidak menyetujuinya sehingga saya hanya diberi resep obat oleh dokter umum tersebut.

    Pertanyak nya apakah obat bisa mengecilkan ukuran polip dan bahkan melepaskannya dari hidung? Dan apakah ada cara lain untuk menghilangkan polip selain dengan operasi?

    Selamat malam.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan polip hidung. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Polip hidung atau dalam dunia kedokteran disebut sebagai polip nasi merupakan pertumbuhan massa bertangkai jinak  pada lapisan mukosa hidung yang berada dalam rongga hidung.

    Polip hidung bisa dicetuskan beberapa keadaan seperti infeksi pada rongga hidung, rinitis alergi, dan lain sebagainya. Gejala yang muncul antara lain sumbatan pada hidung, keluar sekret (ingus) dari hidung, penciuman berkurang, hidung tersumbat, dan lain sebagainya.

    Untuk memastikan penyebab keluhan anda ada baiknya dilakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dengan rinoskop dan atau pun pemeriksaan penunjang yang sesuai guna menegakkan diagnosis penyakit yang anda alami.

    Pengobatan yang diberikan tergantung dari keadaan polip hidung itu sendiri, bisa dengan pengobatan medikamentosa dan tindakan operatif.

    Tindakan operatif dilakukan jika dengan obat-obatan masih juga belum teratasi. Tindakan operasi dilakukan untuk membuang polip.

    Jenis tindakan operasi yang dilakukan tergantung pada ukuran polip hidung, misalnya polipektomi untuk polip yang kecil dan untuk polip berukuran besar dilakukan tindakan bedah sinus endoskopi.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Polip Hidung – Penyebab, Gejala, Pengobatan

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Tentang Penyakitit Polip Hidung

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.