• Selamat Pagi dok,

    Saya wanita berumur 24 tahun mau menanyakan tentang perkembangan yang ada di tulang kepala saya. Dulu sewaktu saya masih kecil saya sering terjatuh dari ranjang dan akibatnya tulang yang ada di bagian kepala saya itu terdapat benjolan dan tepatnya di bagian ubun-ubun sebelah kanan tumbuh sampai sekarang.

    Jika dipegang terasa keras tetapi tidak sakit, kepala akan terasa pusing jika memakai helm terlalu lama seperti pergi terlalu lama ke luar kota. Benjolan tersebut ada yang tumbuh dan berkembang di daerah dahi bagian kanan, waktu tumbuh juga kadang merasa sedikit pusing tetapi di waktu tertentu. Semakin umur semakin membesar dan sekarang besarnya kurang lebih sebesar telur ayam.

    Apakah hal tersebut berbahaya dok?

    Mohon jawabannya dan sarannya terimakasih dok.

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan benjolan pada kepala bisa disebabkan oleh banyak hal. Perlu dijelaskan secara detail mengenai karakteristik benjolan dan juga keluhan lain yang menyertai untuk membantu mengidentifikasi penyebab keluhan tersebut. Apakah benjolan terasa nyeri, apakah benjolan tampak meradang dan lain sebagainya.

    Benjolan pada kepala bisa terjadi karena beberapa hal misalnya saja akibat trauma atau benturan di kepala sehingga menyebabkan peradangan pada jaringan lunak kulit, darah yang menggumpal atau gangguan pada tulang. Selain itu, benjolan juga bisa terjadi akibat kelenjar getah bening yang membesar. Keadaan ini bisa terjadi akibat infeksi, baik infeksi karena virus, bakteri atau mikroorganisme lainnya. Kelenjar getah bening berperan sebagai salah satu sistem imun tubuh. Jika tubuh sedang terserang infeksi maka kelenjar getah bening akan membesar sebagai salah satu respon tubuh terhadap adanya benda asing dalam tubuh. Selain karena infeksi pada kelenjar getah bening, penyebab lainnya bisa karena adanya tumor pada kepala baik tumor jinak maupun ganas. Penyebab lainnya juga masih mungkin terjadi mengingat banyaknya penyakit lain dengan keluhan yang sama.

    Banyaknya kemungkinan penyebab ini membuat pentingnya pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang sehingga ada baiknya anda melakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter agar bisa dilakukan pemeriksaan – pemeriksaan tersebut secara langsung dan detail sehingga dapat tegak diagnosis penyakit yang anda alami.

    Silakan baca artikel berikut:

    Benjolan di Kepala? Ketahui Penyebabnya

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Apakah Bahaya Tumbuh Benjolan di Tulang Kepala?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.