• Assalamualaikum…

    Dok mau tanya ini saya mengalami kondisi pipi membengkak sebelah sudah 1 minggu belum sembuh padahal sudah periksa dan minum obat malah makin hari makin membesar dan sakit kira kira kenapa ya dok ?

    Awal mula sakitnya itu seperti sakit gigi, lalu saya coba minum obat sakit gigi tapi enggak kunjung sembuh lalu saya coba gosok gigi tapi terlalu kuat saya menggosok nya tapi sakitnya hilang.

    Cuma keesokan paginya pipi saya langsung membengkak tiba-tiba dan langsung besar lalu saya berobat ke dokter gigi tidak ada masalah apa- apa tidak ada gigi/gusi yang bengkak tapi pipi saya bengkak dan sakit serta ngilu.

    Dokter hanya memberi saya obat antibiotik (amoxa 500 mg) tapi tetap tidak kunjung membaik saya pun konsumsi mefanamic acid 500 mg tapi tidak sembuh juga, yang ada sekarang bengkaknya berpindah dari pipi tengah sekarang sudah menempel dengan telinga dan samping mata bahkan seperti mau menjalar ke kepala.

    Gejala yang saya rasa sekarang ngilu, sakit, telinga sakit, pusing, tidak bisa buka mulut lebar- leber sehingga sulit makanan masuk hanya air yang bisa masuk. Kira- kira penyakit apa ya dok dan cara mengobati nya bagaimana? Soalnya saya lihat internet ini mirip penyakit trigernal neuralgia. Tolong bantuannya. Terima kasih.

    Selamat pagi.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan bengkak pada pipi. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Pipi yang bengkak bisa terjadi karena banyak hal antara lain sebagai berikut:

    • Tumor pada kelenjar air liur di pipi.
    • Tumor jaringan lunak pipi
    • Adanya infeksi pada kelenjar air liur di pipi (kelenjar parotis) atau disebut juga dengan parotitis.
    • Gusi bengkak juga bisa menyebabkan keluhan bengkak pada pipi. Gusi yang terinfeksi akan memberikan tanda berupa rasa nyeri, bengkak, kemerahan, dan juga bernanah serta dapat menimbulkan bau tak sedap di dalam rongga mulut.
    • Pasca ekstraksi atau pencabutan gigi juga bisa menyebabkan pipi menjadi bengkak.
    • Penyebab lainnya

    Banyaknya kemungkinan penyebab keluhan pipi bengkak membuat pentingnya dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter baik dengan pemeriksaan fisik dan atau pun pemeriksaan penunjang.

    Pengobatan berbeda – beda tergantung penyebab keluhan. Misalnya saja pada infeksi gusi bisa diobati oleh beberapa cara misalnya dengan pemberian obat – obatan seperti antibiotik untuk membunuh kuman penyebab, obat analgetik dan  antiinflamas untuk menghilangkan nyeri dan juga peradangan.

    Oleh karena itu silakan kunjungi dokter di daerah anda untuk memastikan penyebab keluhan anda.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Cara Ampuh Mengatasi Gusi Bengkak Bernanah

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

    Terima kasih dok atas penjelasan dan sarannya.

Beranda Tanya Dokter Tentang Keluhan Pipi Bengkak Sebelah Kiri Bagai Mana Cara Menyembuhkan Nya

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.