• Nama saya Edy Arianto dok, sekitar 3 bulan yang lalu saya mengalami kecelakaan, sehingga harus di operasi di bagian kepala karena ada darah yang beku. Akibat kecelakaan tersebut mata kanan tidak bisa melihat dan telinga kanan tidak bisa mendengar. Dokter yang menangani saya bilang kalau saraf mata dan telinga saya terjepit.

    Pertanyaan saya, bisakah mata dan telinga saya kembali normal? Dan butuh waktu berapa lama agar normal kembali ? Mungkinkah saraf mata bisa di operasi ?

    Mohon penjelasannya dok, terima kasih.

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Saraf merupakan salah satu bagian yang berperan penting bagi tubuh yang memiliki fungsi sensorik (kemampuan untuk merasakan sesuatu) dan motorik (kemampuan untuk menggerakkan bagian tubuh). Hal ini juga berlaku pada saraf mata dan juga saraf untuk area pendengaran. Saraf mata terdiri dari saraf sensorik untuk melihat dan juga saraf motorik untuk menggerakkan bola mata. Saraf bagian telinga berfungsi untuk mendengar dan juga menjaga keseimbangan tubuh. Saraf yang mengatur daerah mata dan telinga termasuk sistem saraf kranialis (bagian kepala). Sebagai informasi sistem saraf perifer seperti saraf yang terletak di wajah, lengan maupun tungkai memiliki kemampuan regenerasi yang lebih baik daripada saraf pusat (kepala/ otak dan sumsum tulang belakang). Namun meskipun lebih sulit untuk beregenerasi tetap saja ada kemungkinan untuk sembuh namun harus dipastikan terlebih dahulu bagaimana kondisi saraf yang rusak tersebut.

    Dalam forum ini saya tidak bisa menentukan apakah kondisi saraf anda bisa kembali normal atau tidak karena perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung baik dengan pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang secara lebih detail. Alangkah baiknya jika anda berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis bedah saraf dan spesialis saraf di daerah anda agar mendapat pemeriksaan dan penanganan yang terbaik.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Hemiparesis : Gejala, Penyebab, Pengobatan


    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Bisakah Saraf Mata Putus atau Terjepit Normal Kembali?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.