• Salam dokter.
    Saya sering kali terbangun setiap jam 1 dini hari, dan itu bisa dibilang setiap hari. Saya pernah baca di internet kalau itu adalah salah satu dari gejala kanker hati, saya merasakan nyeri pada perut bagian kanan atas.

    Saya pernah pergi ke dokter untuk periksa. Tapi, kata dokter itu hanya penyakit maag. Mohon penjelasannya dokter, saya harus ke spesialis apa karena saya harus periksa secara intensif untuk mengetahui penyakit saya. Terima kasih.

    Selamat Pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan nyeri perut sangat umum dialami oleh beberapa individu. Keluhan ini bisa terjadi karena masalah ringan ataupun masalah lain yang lebih berat. Tipe nyeri yang dirasakan serta gejala penyerta yang dialami pasien juga turut membantu memberi informasi guna mengidentifikasi kemungkinan penyebab keluhan anda. Nyeri perut bisa terjadi seperti ditusuk – tusuk, tertekan, mulas, nyeri yang hilang timbul atau terus menerus. Banyaknya kemungkinan penyebab keluhan nyeri perut kanan atas membuat perlu dilakukan pemeriksaan secara lebih detail untuk memastikan penyebabnya. Terlalu dini jika langsung menyimpulkan anda mengalami kanker hati hanya berdasarkan keluhan nyeri perut kanan atas dan suka terbangun di malam hari.

    Berikut beberapa kemungkinan penyebab nyeri di perut kanan atas yaitu antara lain:

    1. Akibat gangguan otot. Hal ini bisa terjadi umumnya karena aktivitas tertentu yang berlebihan, olahraga tanpa peregangan, posisi tidur yang salah dan lain sebagainya.
    2. Akibat ganguan tulang misal akibat trauma pada perut kanan atas bisa menyebabkan tulang mengalami keluhan dan lain sebagainya.
    3. Infeksi pada kandung empedu juga bisa menyebabkan keluhan nyeri perut. Umumnya disertai mual, muntah, kadang juga bisa demam. Keluhan ini tercetus setelah banyak makan makanan mengandung lemak.
    4. Infeksi pada hati (hepatitis) juga bisa menyebabkan keluhan pada hati dengan keluhan lainnya bisa berupa demam, mual dll.
    5. Faktor psikosomatis juga bisa menjadi penyebab.
    6. Penyebab lainnya

    Penyebab sering bangun malam juga sangat banyak misalnya saja karena insomnia dan lain sebagainya. Banyaknya kemungkinan penyebab ini membuat pentingnya pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang sehingga ada baiknya anda melakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter agar bisa dilakukan pemeriksaan – pemeriksaan tersebut secara langsung dan detail sehingga dapat tegak diagnosis penyakit yang anda alami.

    Penyebab Kanker Hati dan Cara Mencegahnya

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Terbangun Setiap Jam 1 Malam, Adakah Hubungannya dengan Penyakit Hati?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.