• Fitriyani

    Malam dokter.  Saya fitri, saya punya anak usia 13 bulan. Sejak anak saya lahir saya merasa dibelakang kepala sebelah kanan anak saya ada benjolan kecil seperti tulang sebesar biji kedelai,saya pikir tidak masalah tapi kemarin setelah anak saya terjatuh dari kursi dengan posisi miring sebelah kiri.

    Saya mengusap kepalanya dan benjolan nya semakin besar sebesar ruas jari kelingking serta keras seperti tulang. Saat saya raba atau pegang ( sedikit di pencet),anak saya hanya bereaksi menepis tangan saya dan saat saya tanya (kebetulan sudah bisa berbicara) katanya tidak sakit.

    Yang ingin saya tanyakan apakah besarnya benjolan dibelakang kepala sebelah kanan ini disebabkan karena dia terjatuh atau memang ada sebab atau gejala lain dok.  Mohon dijawab dok,  terimakasih atas jawaban nya

    Selamat pagi.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan benjolan pada belakang kepala. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Keluhan benjolan di bagian belakang kepala bisa disebabkan oleh banyak hal. Perlu dijelaskan secara detail mengenai karakteristik benjolan dan juga keluhan lain yang menyertai untuk membantu mengidentifikasi penyebab keluhan tersebut.

    Benjolan di bagian belakang kepala bisa terjadi karena beberapa hal misalnya saja akibat trauma atau benturan di belakang kepala. Selain itu, benjolan juga bisa terjadi akibat kelenjar getah bening yang membesar.

    Keadaan ini bisa terjadi saat anak mengalami infeksi, baik infeksi karena virus, bakteri atau mikroorganisme lainnya. Kelenjar getah bening berperan sebagai salah satu sistem imun tubuh.

    Jika tubuh sedang terserang infeksi maka kelenjar getah bening akan membesar sebagai salah satu respon tubuh terhadap adanya benda asing dalam tubuh.

    Selain karena infeksi pada kelenjar getah bening, penyebab lainnya bisa karena adanya tumor jaringan lunak pada bagian belakang kepala. Penyebab lainnya juga masih mungkin terjadi mengingat banyaknya penyakit lain dengan keluhan yang sama.

    Banyaknya kemungkinan penyebab ini membuat pentingnya pemeriksaan fisik dan atau pun penunjang sehingga ada baiknya anda melakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter agar bisa dilakukan pemeriksaan – pemeriksaan tersebut secara langsung dan detail sehingga dapat tegak diagnosis penyakit yang anda alami.

    Silakan baca artikel berikut:

    Benjolan di Kepala? Ketahui Penyebabnya

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Terdapat Benjolan Dibelakang Kepala Sebelah Kanan

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.