• Dok, mengapa lubang hidung kiri saya nafasnya tidak keluar seperti sisi kanan dok? Padahal saya tidak sedang flu atau sesak nafas, hanya saja banyak lendir di seputaran tonsil dan di hidung juga. Kadang-kadang ada lendir yang sama seperti di seputaran tonsil. Ada masalah apa dengan saya dok? Bagaimana cara membersihkannya ? Serta apa penyebab banyaknya lendir atau dahak pada mulut saya?

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan keluarnya lendir dari hidung bisa terjadi pada banyak orang. Penyebabnya pun beraneka ragam. Beberapa penyebab keluhan banyaknya lendir yang keluar di saluran napas yaitu antara lain:

    • Infeksi saluran napas baik pada rongga hidung, faring, laring atau saluran napas yang lebih dalam dapat menyebabkan keluhan keluarnya lendir dari mukosa saluran napas. Lendir bisa menyumbat hingga membuat saluran napas terhambat.
    • Polip hidung atau pertumbuhan massa bertangkai pada rongga hidung juga bisa menyebabkan keluhan keluarnya lendir pada hidung. Penyakit ini juga bisa menyebabkan hidung menjadi tersumbat.
    • Penyebab lain

    Ada baiknya dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu pada rongga hidung dan tenggorokan anda untuk memastikan apa yang menjadi penyebabnya karena untuk menentukan diagnosis perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter mulai dari penggalian informasi hingga pemeriksaan fisik dan atau pemeriksaan penunjang. Pengobatan yang diberikan juga tergantung dari penyebab keluhan anda. Oleh karena itu silakan periksakan diri anda ke dokter terutama dokter spesialis THT.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Cara Cepat Mengatasi Hidung Mampet yang Mudah Dilakukan

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Mengapa Terlalu Banyak Dahak pada Mulut?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.