• Umur saya jalan 20 tahun dok saya biasa menstruasi tanggal 8, tetapi bulan ini saya menstruasinya gak teratur seperti biasanya dan sudah telat 2 minggu .Selama 2 minggu saya merasakan p4yud4r4 saya mulai sakit dipegang tetapi putingnya tidak . Belakangan ini jika perut tidak diisi terasa nyeri dan pinggul saya juga nyeri. Tetapi sudah saya test pack hasilnya negatif. Tetapi kenapa saya bisa telat selama itu ya dok? Biasanya tidak pernah seperti ini. Mohon penjelasannya. Terima kasih.

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Sebenarnya keluhan mengenai terlambat haid sudah sangat banyak dibahas dalam forum diskusi ini. Penyebabnya beraneka ragam sehingga tidak bisa dipastikan hanya berdasarkan keluhan tersebut saja.  Siklus haid normal berlangsung antara 21 hingga 35 hari. Haid yang terjadi lebih dari 35 hari atau keluhan telat haid bisa disebabkan oleh banyak hal antara lain:

    1. Stress  atau faktor psikis bisa menyebabkan hormon tak stabil yang berakibat pada mens tak teratur.
    2. Kelelahan fisik
    3. Asupan nutrisi yang kurang.
    4. Kehamilan
    5. KB hormonal terutama KB 3 bulan
    6. Penyakit di organ reproduksi.
    7. Dan lain sebagainya

    Kehamilan sendiri sebenarnya bisa terjadi jika ada pembuahan (pertemuan sel sperma dan sel telur) pada masa ovulasi. Tanda kehamilan sendiri sangat banyak dan bukan hanya telat mens saja. Pemeriksaan dengan tes pack bisa dilakukan namun pemeriksaan ini bukan menjadi alat untuk diagnosis pasti. Jika memang anda belum haid juga dalam 2 minggu ke depan, anda bisa melakukan tes pack ulang. Namun untuk memastikan penyebab keluhan anda silakan berkonsultasi secara langsung oleh dokter sehingga bisa dilakuan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang secara lebih detail.

    Penyebab Telat Menstruasi dan Cara Mengatasinya

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu

Beranda Tanya Dokter Kenapa Terlambat Haid 2 Minggu?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.