• Dok, ketika ibu telah melahirkan dan tidak mengalami datang bulan sampai 1 tahun, padahal sudah minum obat. Itu kenapa ya dok, dan solusinya apa?

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Setelah melahirkan sering kali wanita mengalami beberapa keluhan seputar siklus menstruasinya. Beberapa wanita ada yang mengalami perdarahan di masa nifas yang memanjang lebih dari 40 hari namun ada juga yang haidnya tak kunjung datang. Tidak haid setelah melahirkan bisa berlangsung 1 bulan, 2 bulan atau malah lebih. Hal ini paling sering terjadi pada ibu yang menyusui anaknya secara eksklusif. Pada saat ibu menyusui maka secara otomatis juga terjadi KB alamiah dimana ibu yang menyusui akan mengalami penundaan haid sehingga dapat mencegah kehamilan. Jika anda termasuk ibu yang menyusui secara eksklusif baik pagi, siang dan malam, maka tak heran jika mens menjadi tertunda dan bahkan bisa mengalami terlambat haid hingga enam bulan, namun hal ini merupakan respon normal tubuh sehingga tak perlu dikhawatirkan. Namun jika keluhan tidak haid berlangsung lebih lama dari 3 hingga 6 bulan maka ada baiknya dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter untuk memastikan penyebab keluhan tersebut. Pengobatan tergantung dari penyebab keluhan tersebut.

    Keluhan telat haid sendiri bisa disebabkan oleh banyak hal mulai dari kelelahan fisik, stress, kehamilan, asupan makan yang kurang, efek samping KB, penyakit organ reproduksi, dan lain sebagainya.  Silakan anda konsultasi langsung dengan dokter di daerah anda.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Kapan Haid Setelah Melahirkan Itu Terjadi

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Bagaimana Mengatasi Telat Haid Setelah Melahirkan?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.