• Maaf dok, saya mau bertanya. saya sering terlambat haid, sering mundur sampai 10 hari dari tanggal seharusnya, setiap haid itu pasti nyeri pada hari kedia dan ketiga.

    Sudah pernah periksa ke dokter dianjurkan memperbaiki gizi, setelah itu sudah lancar 2 bulan tanpa sakit tapi masih terlambat terus, dan bulan ini sudah sampai 16 hari, saya harus bagaimana ya dok? apakah ada kemungkinan saya mengalami suatu penyakit atau karena sebab lain sehingga saya sering terlambat haid.

    terimakasih

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Sebenarnya keluhan mengenai terlambat haid sudah sangat banyak dibahas dalam forum diskusi ini. Penyebabnya sangat beraneka ragam sehingga perlu pemeriksaan secara langsung oleh dokter. Siklus haid normal biasanya berlangsung tiap 21 hingga 35 hari. Namun pada beberapa wanita ada yang siklus haidnya tidak teratur. Keluhan haid yang tak teratur atau tidak datang tiap bulannya bisa disebabkan oleh berbagai macam hal antara lain sebagai berikut:

    1. Faktor psikosomatis misalnya karena stress berat hingga depresi bisa menyebabkan gangguan hormonal yang menyebabkan perubahan siklus mens.
    2. Faktor Kelelahan fisik.
    3. Faktor gizi baik pada orang dengan berat badan yang terlalu rendah rendah atau malah kegemukan (obesitas)
    4. Penyakit organ reproduksi seperti kista ovarium, dan lainnya
    5. Kehamilan
    6. KB hormonal misal pil KB, KB suntik dan implan
    7. Wanita yang baru menjalani haid pertama kali (menarche) hormonnya tidak stabil sehingga menyebabkan siklus mens tidak teratur.
    8. Awal menopause juga menyebabkan keluhan telat mens
    9. Dan lain sebagainya

    Untuk memastikan penyebab keluhan anda silakan berkonsultasi secara langsung oleh dokter sehingga bisa dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang. Pengobatan tergantung dari penyebab keluhan.

    Penyebab Telat Menstruasi dan Cara Mengatasinya

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Sering Terlambat Haid Mungkinkah Akibat Penyakit Berbahaya?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.