• Dok, kaki saya tertusuk paku berkarat dan hanya sebagian kecil.  Kemudian mengeluarkan darah sedikit.  Apakah saya harus memeriksakan ke puskesmas atau dokter?  Tapi darah yang keluar cuma sedikit.

    Selamat siang.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Ada baiknya setelah tertusuk paku anda memeriksakan diri ke dokter agar bisa dilakukan terapi terbaik bagi anda, apalagi jika paku yang terkena tersebut berkarat. Sebaiknya pasca tertusuk benda tajam seperti paku maka pasien diindikasikan untuk mendapat vaksin untuk mencegah terjadinya tetanus. Hal ini mengingat kejadian tetanus cukup sering terjadi pasca tertusuk paku.

    Imunisasi tetanus terdiri dari imunisasi aktif berupa pemberian vaksin tetanus toksoid (TT) dan imunisasi pasif yaitu pemberian anti tetanus serum (ATS). Pemberian vaksin TT diberikan dengan dosis 0,5 cc secara intramuskular sebanyak 1 x tiap bulannya selama 3 bulan berturut – turut. Setelah itu perlu juga diberikan booster (suntikan keempat) setelah 10 tahun pasca suntikan ketiga imunisasi dasar dan booster selanjutnya tiap 10 tahun setelah pemberian booster di atas (suntikan keempat). Pemberian vaksin TT sebaiknya diberikan segera setelah terjadi luka.

    Pemberian ATS sebagai imunisasi pasif tergantung dari sifat luka, kondisi penderita, dan status imunisasi dari si pasien itu sendiri. Jika anda mengalami luka kotor (luka dengan mikroorganisme di dalamnya) dengan kedalaman berapa pun maka pemberian ATS pun akan diindikasikan untuk anda. Oleh karena itu silakan periksakan diri anda ke dokter.

    Penyakit Tetanus – Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Apakah Perlu Pemeriksaan Setelah Tertusuk Paku Berkarat?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.