• Saya Ranti usia 22 tahun, saya sebelumnya mengalami keguguran di usia kandungan 6 bulan. Setelah masa nifas selesai, saya berhubungan dengan suami di hari ke-42. Tetapi maaf tidak dikeluarkan di dalam tapi ada beberapa detik yang di dalam.

    Kemudian pada hari ke-60 saya coba tespek dan hasilnya ada garis 2 tapi yang 1 samar, kemudian saya tespek lagi di hari ke-62 dan hasilnya sama seperti sebelumnya. Pertanyaan saya adalah, apakah hal tersebut dapat dikatakan saya hamil ? Saya belum memeriksakannya pada bidan, tetapi saya coba hitung di internet kalau saya hamil usia janinnya sudah masuk 3 minggu.

    Terimakasih banyak dok.

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Pertanyaan mengenai tanda kehamilan sebenarnya sudah banyak dibahas dalam forum ini. Sebagai informasi bagi anda, tanda – tanda kehamilan ini dibedakan menjadi tanda mungkin hamil dan tanda pasti hamil. Tanda mungkin hamil berupa menstruasi yang tidak kunjung datang, perut yang semakin membesar, keluhan mual dan muntah yang sering dikeluhkan terutama di usia – usia awal kehamilan, hingga pemeriksaan test pack yang menunjukkan hasil positif. Tanda pasti hamil bisa diketahui dengan pemeriksaan USG yang menunjukkan adanya kantung kehamilan di dalam rahim dan adanya detak jantung janin.

    Pemeriksaan dengan menggunakan tes pack mulai dapat mendeteksi kadar hormon human Chorionic Gonadotropin (hCG) pada kadar 20 mIU. Hasil tes kehamilan menunjukkan hasil positif jika terdapat dua garis yang nampak pada alat tes tersebut. Garis kedua yang muncul bisa tampak samar atau bisa juga terlihat jelas. Hal ini tergantung dari konsentrasi hormon hCG yang terkandung dalam urine yang diperiksa. Namun seperti yang telah disampaikan sebelumnya bahwa tes pack merupakan tanda mungkin hamil artinya bisa ditemukan pada kondisi selain kehamilan seperti mola hidatidosa (hamil anggur) dan lain sebagainya. Oleh karena itu untuk memastikan apakah saat ini anda benar sedang hamil atau tidak sebaiknya dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter baik dengan pemeriksaan fisik maupun pemeriksaan penunjang seperti USG kehamilan.

    Membaca Hasil Tespek Positif, Negatif, Samar

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Apakah Tespek Samar Merupakan Kehamilan?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.