• Salam dokter. Saya mempunyai mata minus terakhir dicek -2,5 mata kiri dan -2 mata kanan. Sudah setahun ini saya tidak memeriksa mata saya dan keseharian saya tidak memakai kacamata, penglihatan saya kurang jelas ketika melihat yang jarak yangjauh. Baru-baru ini sekalinya dipakai mata saya terasa tidak nyaman dan agak perih. Apakah lebih baik saya lepas kacamata dok atau harus mengganti dengan kacamata yang baru? Terima kasih.

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Penggunaan kacamata minus dengan ukuran yang tepat penting diperhatikan pada seseorang dengan gangguan refraksi. Jika orang dengan gangguan refraksi tidak menggunakan kacamata sesuai ukuran yang seharusnya atau malah tak menggunakan kacamata sama sekali sebagai alat bantu maka akan menimbulkan kelelahan pada mata akibat mata dipaksa untuk bekerja dengan keras guna memfokuskan penglihatan mata. Jika hal ini berlangsung terus menerus maka tak menutup kemungkinan penglihatan semakin kabur.

    Jika anda sudah lama tidak menggunakan kacamata dan saat ini akan mulai untuk menggunakannya kembali alangkah baiknya anda memeriksakan ukuran kacamata anda apakah masih sesuai seperti yang dulu atau tidak. Karena jika ukuran minus anda bertambah dan ukuran kacamata tidak sesuai (baik terlalu besar atau terlalu kecil) maka akan membuat anda merasa pusing. Namun pada beberapa individu yang tak terbiasa menggunakan kacamata juga bisa menyebabkan keluhan pusing karena faktor ketidakterbiasaan.

    Saran saya, sebaiknya anda memeriksakan kembali kondisi penglihatan anda apakah masih ukuran gangguan penglihatan anda masih seperti yang dulu atau tidak, jangan malah tidak menggunakannya sama sekali jika ukuran telah sesuai.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Miopi (Rabun Jauh) – Gejala, Penyebab, Pengobatan

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter The Use of Eye Glasses For Myopia

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.