• Umur saya 19 tahun dok, saya sudah bertahun-tahun tidak haid tp saya mengalami keputihan yang berbau dan kadang juga gatal. Saya mau tanya dok apa penyebabnya? Apa ada cara untuk mengatasinya? Apakah setelah saya menikah nanti saya akan sulit hamil? Dan apakah bisa saya kembali haid secara teratur lagi? Terimakasih dok

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Normalnya siklus haid berlangsung antara 21 hingga 35 hari. Jika anda tidak haid selama lebih dari 3 bulan maka keadaan tersebut dinamakan dengan amenore. Penyebab amenore sangat banyak yaitu antara lain karena pengaruh stress atau faktor psikosomatis pasien, kelelahan fisik, adanya penyakit pada organ reproduksi (seperti kista di indung telur, tumor dan lain sebagainya), kehamilan, efek sampin KB hormonal terutama KB 3 bulan, pasien yang baru mengalami haid untuk pertama kalinya (menarche), dan lain sebagainya.

    Keputihan sendiri juga banyak kemungkinan penyebabnya. Keputihan bisa normal jika tidak ada perubahan warna, konsistensi dan bau keputihan. Namun jika terjadi perubahan pada salah satunya saja maka keputihan tersebut tidak normal. Keputihan normal terjadi pada awal mens atau di akhir mens, saat awal kehamilan dan lain sebagainya. Keputihan abnormal kebanyakan terjadi karena infeksi. Penyebab infeksi beraneka ragam, salah satunya dipengaruhi oleh warna keputihan dan juga bau keputihan. Oleh karena itu untuk memastikan penyebab keluhan anda silakan berkonsultasi secara langsung oleh dokter sehingga bisa dilakuan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang secara lebih detail.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Penyebab Telat Menstruasi dan Cara Mengatasinya

    Duh, Akibat Keputihan Bisa Mandul!

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Tidak Haid Bertahun-tahun

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.