• Selamat malam dokter,

    Saya  ibu dari 3 orang anak dan berusia 46 th, saya 10 tahun lalu mengalami hamil di luar kandungan dan itu diketahui setelah saya mengalami pingsan tiba2 dan seperti ada rasa ular berjalan didalam perut saya.. kejadian selanjutnya saya tdk tahu karena saya tidak sadarkan diri sampai selesainya operasi . Setelah saya sadarkan diri dokter bercerita bahwa saya  mengalami hamil diluar ka dungan dan ovarium kiri saya dipotong karena sdah pecah karena adanya janin. Selama 5 bulan pasca operasi saya  masih mengalami haid normal, tetapi setelah itu sampai saat ini saya sudah tdk haid lagi. Saya tidak berani memeriksakan diri lebih lanjut, tetapi saya  merasa dalam diri saya sehat2 saja  hanya berat  badan secara perlahan bertambah dari 55kg  menjadi 74kg.

    Pertanyaan saya, apakah yg  menyebabkan saya tidak haid lagi ? (dan kondisi perut saat ini masih wajar sesuai dg kondisi orang yang sudah  melahirkan 3kali.)

    Demikian pertanyaan saya, atas bantuan dokter saya ucapkan terima kasih..

    Salam…

    Selamat malam.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan telat mens. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Sebenarnya keluhan mengenai terlambat haid sudah sangat banyak dibahas dalam forum diskusi ini. Penyebabnya beraneka ragam. Berikut beberapa kemungkinan penyebab keluhan terlambat haid yaitu antara lain:

    1. Stress bisa menyebabkan ketidakseimbangan hormonal sehingga menyebabkan perubahan siklus mens.
    2. Kelelahan fisik juga bisa menjadi salah satu penyebab.
    3. Berat badan yang sangat rendah, misal pada individu yang menjalani program diet ketat, vegetarian, penderita bulimia , anoreksia dsb.
    4. Obesitas atau kegemukan juga bisa menyebabkan terjadinya keluhan telat mens. Kenaikan berat badan yang terlalu cepat juga bisa menyebabkan keluhan telat haid.
    5. Sindrom polikistik ovarium. Kista menyebabkan ketidakseimbangan hormonal
    6. Kehamilan
    7. KB hormonal terutama KB suntik 3 bulan. Pada beberapa wanita pengguna KB suntik 1 bulan juga bisa mengalami keluhan yang sama.
    8. Awal menopause juga menyebabkan keluhan telat mens
    9. Dan lain sebagainya

    Pengangkatan salah satu ovarium sebenarnya tidak akan membawa keluhan telat mens jika ovarium lainnya berfungsi dengan baik. Ada baiknya diobservasi terlebih dahulu dalam 2 hingga 3 bulan ini sambil menjaga pola hidup sehat . Jika keluhan berlanjut maka silakan berkonsultasi secara langsung ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang guna menegakkan diagnosis keluhan anda. Penanganan berbeda tergantung penyebab keluhan telat haid.

    Penyebab Telat Menstruasi dan Cara Mengatasinya

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Tidak Haid Setelah Operasi Pengangkatan Ovarium

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.