• Dok, saya mau bertanya. Sudah lama saya merasakan tidak nyaman di area punggung sampai pinggang. Seperti angin yang berkumpul,jika saya tepuk-tepuk area yang terasa tidak enak efeknya bersendawa. Saya sering bersendawa juga dok meski kondisi tidak habis makan. Menurut dokter, gejala apa yang saya rasakan ini dan bagaimana mengatasinya? Terima kasih atas jawabannya. Salam.

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan nyeri punggung dan pinggang sering dialami oleh beberapa individu. Keluhan ini tidak hanya terjadi pada usia tua saja, namun usia muda pun sering mengalaminya. Penyebab keluhan nyeri punggung dan pinggang bisa disebabkan oleh banyak hal antara lain:

    1. Gangguan pada muskuloskeletal. Keluhan yang muncul akibat gangguan muskuloskeletal bisa terjadi karena adanya gangguan pada otot, tulang ataupun sendi. Salah satu pencetusnya adalah karena pekerjaan, misalnya sering angkat beban berat, duduk terlalu lama, dan lain sebagainya.
    2. Infeksi saluran kemih bisa menyebabkan keluhan nyeri punggung dan pinggang. Biasanya disertai keluhan nyeri saat berkemih, dan lain sebagainya.
    3. Infeksi saluran cerna.
    4. Batu saluran kemih.
    5. Penyebab lainnya

    Keluhan sendawa bisa disebabkan oleh peningkatan gas dalam lambung. Hal ini bisa terjadi pada penyakit dispepsia. Keluhan ini bisa dicetuskan oleh faktor telat makan, stress, efek samping konsumsi obat penghilang nyeri jangka panjang, dan lain sebagainya. Ada baiknya dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu ke dokter untuk memastikan penyebab keluhan anda. Perlu dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang secara langsung agar dapat mengidentifikasi bagian tubuh mana yang terkena serta penyebabnya. Terapi yang diberikan tergantung penyebabnya sehingga yang terpenting saat ini adalah memastikan penyebabnya terlebih dahulu.

    Cara Ampuh Mengatasi Sakit Pinggang

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Bagaimana Mengatasi Nyeri Punggung?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.