• Dana avridiana

    Begini dok sekitar 2 minggu ini saya seperti merasa ketakutan sendiri mengakibatkan saya berpikiran macam- macam dan aneh-aneh, sehingga saya susah tidur alhasil saya terserang sakit asam lambung, sampai saya periksa ke dokter dan di beri obat untuk asam lambung.

    Tapi sekitar 5 hari ini setiap tidur malam badan saya selalu keluar keringat dingin dan badan saya sampai menggigil, apakah ini efek dari obat yang saya minum atau karena ada hal yang tidak beres dengan tubuh saya? dan saya harus berbuat apa dok ?

    Selamat sore.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan keluar keringat dingin. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Keluhan keringat dingin bisa disebabkan oleh banyak hal, antara lain:

    • Kekurangan cairan atau dehidrasi bisa menyebabkan keluhan keluar keringat dingin bahkan disertai rasa ingin pingsan dan lemas.
    • Kekurangan kadar gula dalam darah (hipoglikemia) juga bisa menyebabkan keluar keringat dingin, lemas, sakit kepala dan rasa ingini pingsan.
    • Tekanan darah rendah (hipotensi) juga bisa menyebabkan gejala yang sama
    • Demam misalnya karena penyakit infeksi.
    • Faktor psikosomatis misalnya cemas berlebihan, ketakutan, dan sebagainya
    • Penyebab lainnya

    Banyaknya kemungkinan penyebab keluhan seperti yang anda alami membuat pentingnya dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter baik dengan pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang secara secara lebih detail. Namun alangkah baiknya anda menjaga pola hidup anda sehari – hari dengan menjaga asupan makanan anda, biasakan sarapan sebelum memulai aktivitas, konsumsi cairan dalam jumlah cukup, istirahat teratur, hindari stress berlebihan dan juga membiasakan untuk olahraga teratur.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Ketahui Penyebab Keringat Dingin yang Anda Alami

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Keringat Dingin dan Menggigil di Malam Hari

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.