• dedy indariadi

    Selamat siang dokter, dokter saya mau bertanya, dok -+ 2 minggu yang lalu badan saya terasa panas 38 c, sehingga saya harus opname karena titer widal saya 1/320 yang mau saya tanyakan kenapa titer saya sekarang masih tinggi 1/320 tetapi tubuh saya sekarang sudah tidak panas, apakah karena tubuh saya sudah punya antibodi untuk melawan infeksi bakteri virus typhus ?

    dan apakah kondisi tubuh saya yang sudah tidak panas lagi ini dok, tubuh saya dapat panas lagi  dan mengapa tubuh saya masih sering merasakan lidah pahit, mual dan kembung apakah karena tiphus ini penyakit yang menyerang sistem pencernaan = penyakit lambung ?,

    terimakasih dokter atas bantuan dan perhatiaan nya

    Selamat pagi.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang gejala tipus. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Demam merupakan peningkatan suhu tubuh di atas 37,5 derajat celsius. Penyebab keluhan ini sangat banyak, sehingga perlu digali informasi mengenai karakteristik demam misalnya apakah demam tinggi mendadak ataukah naik perlahan, sejak kapan demam dirasakan, apakah demam terus menerus sepanjang waktu atau naik turun, adakah waktu tertentu yang menunjukkan suhu lebh tinggi misalnya pada sore dan malam hari serta gejala penyerta yang mengalami. Salah satu penyebab demam adalah karena tipus abdominalis.

    Tipus abdominalis merupakan infeksi bakteri Salmonella typhi yang menyerang saluran cerna. Gejalanya berupa demam yang berlangsung lebih dari 7 hari, mual, muntah, keluar keringat dingin, badan lemah, dan kadang disertai diare atau malah sembelit. Untuk memastikan diagnosis tipus perlu dilakukan pemeriksaan lanjutan berupa tes serologi anti Salmonella, hingga pemeriksaan kultur.

    Titer widal 1/320 bisa menunjukkan seseorang mengalami demam tipus namun bukan alat diagnosis pasti. Titer widal ini bisa menetap hingga beberapa bulan setelah orang itu sembuh dan akan menurun perlahan. Oleh karena itu tak heran jika orang yang sudah sembuh tipus masih memiliki titer widal yang tinggi.

    Demam tipus berlangsung hingga 3 minggu. Pada kasus anda jika sudah ditangani dengan baik maka demam tidak akan kambuh kembali. Kecuali jika anda mengalami infeksi berulang ataupun infeksi oleh kuman lainnya. Untuk penjelasan lebih detail silakan konsultasi secara langsung Dengan dokter yang menangani anda.

    Silakan baca artikel berikut:

    Kenali Gejala Typus (Tifus) yang Mungkin Anda Derita

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Titer Widal untuk Penyakit Tipes (demam Tifoid)

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.