• Dok saya mau tanya mengapa Tonsil saya besar sebelah ?
    Namun tidak merah, tidak ada bercak nanah, dan tidak sakit saat menelan dan minum, dan juga tidak menggangu saya dok.
    Saya sudah periksa ke dokter katanya gak ada masalah selama tidak memberikan efek samping.

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Amandel yang membengkak akibat infeksi atau dalam istilah kedokteran disebut sebagai tonsiltis sebagian besar terjadi karena infeksi virus. Meskipun dalam beberapa kasus bisa juga terjadi karena infeksi bakteri. Pembengkakan amandel akibat tonsilitis tidak selalu terjadi pada kedua tonsil. Atau seandainya pun kedua tonsil membesar, tidak selalu memiliki ukuran pembengkakan yang sama. Hal ini tergantung dari bagian tonsil mana yang terinfeksi atau bermasalah.

    Tonsilitis bisa bersifat akut maupun kronis. Tonsilitis akut biasanya akan menyebabkan keluhan nyeri saat menelan sedangkan pada tonsilitis kronis tidak ada keluhan nyeri menelan. Keluhan lain yang bisa menyertai antara lain adalah danya bercak putih pada tonsil yang membengkak yang merupakan detritus(kumpulan dari bakteri, leukosit dan juga epitel yang mengalami pelepasan). Namun keluhan ini pun tidak selalu menyertai.

    Tonsil yang membesar tidak selalu membutuhkan pengobatan. Pada tonsilitis akut jika disebabkan oleh infeksi bakteri maka bisa diberi antibiotik sedangkan jika karena infeksi virus cukup diberikan obat simptomatik berupa anti inflamasi untuk menekan peradangan yang muncul. Pada tonsilitis kronis, tidak selalu membutuhkan pengobatan selama tidak menimbulkan masalah atau gangguan bagi pasien. Namun jika tonsil sudah sangat besar hingga menyumbat pernapasan maka perlu dilakukan tindakan operatif.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Tonsilitis – Radang Amandel

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Mengapa Tonsil Bengkak Sebelah?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.