• Dok, bagian mulut saya tepatnya tonsil sebelah kanan mengalami pembengkakan dan terdapat bercak putih namun tidak sakit saat menelan dan kelenjar getah bening dibawah rahang sebelah kiri sayapun membengkak yang disertai rasa sakit baik itu saat disentuh dan saat saya menunduk. Kira-kira sakit apakah yang saya alami dok ?

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Amandel yang membengkak akibat infeksi atau dalam istilah kedokteran disebut sebagai tonsiltis sebagian besar terjadi karena infeksi virus. Meskipun dalam beberapa kasus bisa juga terjadi karena infeksi bakteri. Tonsilitis bisa bersifat akut maupun kronis. Tonsilitis akut biasanya akan menyebabkan keluhan nyeri saat menelan sedangkan pada tonsilitis kronis tidak ada keluhan nyeri menelan. Adanya bercak putih pada tonsil yang membengkak bisa terjadi karena detritus atau adanya kumpulan dari bakteri, leukosit dan juga epitel yang mengalami pelepasan.

    Pembesaran kelenjar getah bening yang terasa nyeri biasanya sering mengiringi saat tubuh terserang infeksi, termasuk saat terjadi tonsilitis. Kelenjar getah bening berperan sebagai salah satu mekanisme pertahanan tubuh sehingga kelenjar ini akan membesar dan bisa menimbulkan nyeri saat tubuh dimasuki oleh benda asing (mikroorganisme).

    Namun untuk memastikan penyebab keluhan anda perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter baik dengan pemeriksaan fisik dan atau pemeriksaan penunjang secara lebih detail. Pengobatan tergantung dari penyebab keluhan anda. Jika karena bakteri maka akan diberikan antibiotik untuk membunuh bakteri bakteri yang menyerang. Pasien juga bisa diberikan obat simptomatik berupa anti inflamasi untuk menekan peradangan yang muncul.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Tonsilitis – Radang Amandel

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Tonsil dan Rahang Membengkak, Gejala Apakah?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.