• Dok, Saya pernah mengalami sebuah kejadian, sebuah perampokan yang menyebabkan salah satu orang terdekat saya meninggal tepat didepan mata saya. Semenjak itu saya menjadi trauma dan mengalami tremor pada kedua tangan yang membuat saya kesulitan untuk menulis dan memegang gelas.

    Akan tetapi tangan kiri saya yang paling hebat guncangannya. beberapa kali getaran guncangannya berkurang, tapi bila ingatan kejadian itu muncul lagi trauma saya kembali muncul dan tangan saya bergetar hebat.

    Apakah ini bisa disebut sebuah penyakit secara medis? adakah pengobatannya?
    ataukah bagaimana?

    terima kasih.

    Selamat siang.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Tremor atau dalam istilah awam disebut juga dengan gemetaran bisa terjadi pada beberapa bagian tubuh, namun biasanya yang paling sering mendapat perhatian adalah tremor yang terjadi pada tangan. Tremor bisa disebabkan oleh beberapa hal, mulai dari hal normal seperti saat kedinginan atau bisa karena penyakit tertentu yang mendasarinya baik penyakit fisik maupun penyakit psikis.

    Berikut adalah beberapa gangguan yang menyebabkan keluhan tremor yaitu:

    1. Penyakit hipertiroid atau meningkatnya kadar hormon tiroid dalam darah menyebabkan beberapa gejala salah satunya adalah tremor.
    2. Gangguan persarafan seperti misalnya penyakit parkinson.
    3. Efek samping obat – obatan tertentu misalnya obat golongan narkotika, dan lain sebagainya.
    4. Penyakit psikosomatis misalnya gangguan cemas (anxiety disorder), atau karena sebab lainnya.

    Pada kasus yang anda alami, kemungkinan terbesar yang mengakibatkan terjadinya tremor adalah karena penyakit psikosomatis. Adanya trauma yang mendalam menyebabkan timbulnya gangguan cemas pada diri anda sehingga ketika menghadapi situasi tertentu yang tak nyaman bagi anda maka akan menyebabkan tercetusnya serangan tremor (gemetaran). Kadang juga disertai keluhan lainnya misal jantung berdebar – debar, keluar keringat dingin dan lain sebagainya. Namun untuk memastikannya sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter spesialis kesehatan Jiwa (SpKJ) untuk membantu menemukan penyebabnya dan mengatasi rasa trauma anda serta jika memang dibutuhkan bisa diberikan pengobatan lainnya.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Penyebab Tremor (Gemetaran) dan Cara Mengatasi

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Tremor Setelah Mengalami Trauma? Berikut Solusinya

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.