• evasetya

    siang Dok,,

    saya mau tanya,, ibu saya sekarang umur skitar 50 tahun mengalami patah tulang tibia & fibula dikarenakan jatuh dari tangga. Setelah dari rumah sakit penanganan nya tidak di pasang pen melainkan hanya di pasang gift saja. setelah di pasang gift di rontgen sudah diluruskan posisi tulangnya ,ini sudah berjalan 1 bulan. terakhir pas kontrol kemaren posisi tulang balik seperti posisi semula saat setelah jatuh &  tidak bisa menyatu. posisi patahnya runcing atas bawah & sekarang semakin tidah menyatu.

    Apakah yg harus saya lakukan  ? apakah meminta dokternya untuk memasang pen ?

    minta tolong untuk masukan nya . terima kasih.

     

    Selamat malam.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan patah tulang dan penyembuhannya. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Untuk mengetahui seberapa jauh kondisi ibu anda dan apakah perbaikan pasca patah tulang bisa kembali normal atau tidak sebenarnya ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan dilakukan pemeriksaan mulai dari lokasi patahan, jenis patahan, gangguan pembuluh darah dan persarafan yang terjadi hingga tatalaksana awal yang telah dilakukan untuk mengatasi kondisi tersebut. Patah tulang didefinisikan sebagai terputusnya kontinuitas tulang dengan atau tanpa pergeseran segmen yang patah. Patah tulang dalam istilah kedokteran disebut juga dengan fraktur. Ada beberapa tipe fraktur dan dibagi menjadi beberapa klasifikasi yaitu antara lain berdasarkan garis patahannya (fraktur simple, fraktur kominutif dan sebagainya), berdasarkan jaringan di sekitarnya (terbagi menjadi fraktur terbuka dan fraktur tertutup), dan klasifikasi fraktur lainnya. Penyebab patah tulang sangat beraneka ragam, yang paling sering karena trauma atau benturan benda keras.

    Penanganan patah tulang ada beberapa mulai dari penggunaan gips hingga pemasangan pen. Pemilihan jenis penatalaksanaan ini tergantung hasil pemeriksaan. Dalam forum ini saya tidak bisa mengusulkan jenis pengobatan untuk ibu anda karena tidak melakukan pemeriksaan secara langsung. Alangkah baiknya anda berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis ortopedi (bedah tulang) karena tentu beliau yang lebih tahu sejauh apa kondisi anda berdasarkan hasil pemeriksaan fisik dan penunjang yang telah dilakukan. Namun pada prinsipnya selama penegakan diagnosis tepat dan penanganan tepat maka kondisi anatomi dan fungsi alat gerak yang patah bisa kembali normal.

    Berapa Lama Waktu Penyembuhan Setelah Patah Tulang

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Tulang Tibia & Fibula Patah

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.