• Selamat siang dok,

    Saya Ariani, usia saya saat ini memasuki umur 23 tahun. Langsung saja, dari bulan februari hingga bulan juli saya tidak mengalami menstruasi sama sekali, hingga akhirnya pada bulan juli akhir saya berinisiatif untuk priksa ke dokter kandungan.

    Pada saat itu saya hanya diberi resep obat untuk melancarkan haid. Resep obat itu untuk sekitar 3 hari, dokter nya bilang jika nanti dalam jangka waktu 5 hari dari hari terakhir minum obat saya tetap tidak menstruasi, saya diminta untuk periksa lagi.

    Kebetulan saat itu 4 hari setelah minum obat saya sudah menstruasi, tepatnya di awal bulan agustus. tapi setelah itu di bulan september saya sempat berfikir akan mestruasi, tapi darah yang keluar jumlahnya sangat sedikit, bahkan itu berlangsung hanya 1 hari, setelahnya sudah tidak keluar lagi.

    Pada bulan selanjutnya yaitu bulan oktober, saya hanya mengeluarkan darah yang bentuknya mirip dengan lendir biasa dan jumlahnya sangat sedikit. dan pada bulan ini, saya juga belum menstruasi. awalnya saya berpikiran untuk membeli obat pelancar haid lagi, tetapi saya takut. menurut dokter kira” apa yang terjadi pada saya dan apa yang harus saya lakukan?

    Sekedar info bahwa saya belum pernah melakukan hubungan intim.

    Terima kasih dong

    Selamat siang.

    Selamat pagi.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang telat mens. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya

    Sebenarnya keluhan mengenai terlambat haid atau pun haid yang tidak teratur sudah sangat banyak dibahas dalam forum diskusi ini. Penyebabnya beraneka ragam. Berikut beberapa kemungkinan penyebab keluhan terlambat haid  atau haid yang tidak teratur yaitu antara lain:

    1. Stress bisa menyebabkan ketidakseimbangan hormonal sehingga menyebabkan perubahan siklus mens.
    2. Kelelahan fisik juga bisa menjadi salah satu penyebab.
    3. Berat badan yang sangat rendah, misal pada individu yang menjalani program diet ketat, vegetarian, penderita bulimia , anoreksia dsb.
    4. Obesitas atau kegemukan juga bisa menyebabkan terjadinya keluhan telat mens
    5. Sindrom polikistik ovarium. Kista menyebabkan ketidakseimbangan hormonal
    6. Kehamilan
    7. KB hormonal terutama KB suntik 3 bulan. Pada beberapa wanita pengguna KB suntik 1 bulan juga bisa mengalami keluhan yang sama.
    8. Awal menopause juga menyebabkan keluhan telat mens
    9. Dan lain sebagainya

    Ada baiknya diobservasi terlebih dahulu dalam 2 hingga 3 bulan ini sambil menjaga pola hidup sehat. Jika keluhan berlanjut maka silakan berkonsultasi secara langsung ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang guna menegakkan diagnosis keluhan anda.

    Penyebab Telat Menstruasi dan Cara Mengatasinya

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Tentang Gangguan Mestruasi yang Tidak Lancar dan Tidak Teratur

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.