• Selamat sore dok.

    Benarkah penyakit tyfus tidak selalu disertai dengan demam tinggi, mohon penjelasannya.

    Terimakasih

    Selamat sore.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang tifoid. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Demam tifoid atau typus abdominalis merupakan penyakit infeksi akibat bakteri Salmonella typhi yang biasanya menyerang saluran pencernaan.

    Gejala yang muncul pada penyakit ini berupa demam yang berlangsung lebih dari 1 minggu, mual, muntah, diare atau malah konstipasi, badan lemas, tidak nafsu makan dan gejala lainnya.

    Demam pada typus abdominalis tidak selalu tinggi. Biasanya demam mulai berlangsung pada sore hingga malam hari dan mulai menurun di pagi hari.

    Tipe demam pada typus abdominalis ini cukup khas namun untuk menegakkan diagnosis typus abdominalis tidak bisa hanya berdasarkan keluhan demam saja karena banyak penyakit lain yang memiliki karakteristik yang sama.

    Untuk menegakkan diagnosis typus abdominalis selain dengan gejala klinis di atas juga perlu pemeriksaan penunjang berupa tes serologi anti Salmonella, pemeriksaan widal atau untuk pemeriksaan pastinya dengan menggunakan uji kultur.

    Oleh karena itu untuk memastikan kondisi penyakit pasien ada baiknya memang dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter baik dengan pemeriksaan fisik dan atau pun pemeriksaan penunjang.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Kenali Gejala Typus (Tifus) yang Mungkin Anda Derita

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

    Terimakasih atas penjelasannya dok Seminggu yang lalu saya memang di diagnosa kena tipus,  dan test widal positif ada salmonella thypi 1/320, saya dirawat selama 4 hari.

    Tapi selama itu saya tidak mengalami demam tinggi.  Hanya lemas,  pusing dan gejala sakit tipus lainnya (kecuali demam tinggi)

    Mohon penjelasannya kembali dok.

    Seperti yang saya sudah jelaskan sebelumnya bahwa tipus memang ditandai dengan keluhan demam namun demam tidak selalu tinggi.

    Untuk tes widal menunjukkan hasil 1/320 memang cenderung ke arah demam typus meskipun hal ini bukanlah metode untuk mendiagnosis pasti demam typus.

    Saran untuk anda adalah silakan konsumsi obat nya diberikan oleh dokter anda terutama antibiotik yang harus dihabiskan. Jika obat habis tapi keluhan anda belum membaik maka silakan diperiksakan ulang ke dokter.

Beranda Tanya Dokter Tyfus Tanpa Demam Tinggi

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.