• Assalamualaikum dok. Saya mau bertanya, kehamilan saya yang kedua ini sudah memasuki 19 minggu dok tapi perut saya kelihatan tidak membesar seperti kehamilan saya sebelumnya. Sempat beberapa kali terjadi pendarahan yang cukup banyak, tapi sudah di USG dan kata dokter janinnya masih bagus.  Apa yang harus saya lakukan dok? Mohon penjelasannya terima kasih.

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Pada minggu ke 19 usia kehamilan, biasanya ukuran perut ibu mulai membesar. Jika diperiksa dokter maka tinggi fundus rahim berada di bawah pusar. Pada usia kehamilan ini janin sudah banyak berkembang. Proses pembentukan organ – organ mulai terjadi misalnya mata, tulang, gigi , bulu-bulu halus seperti alis dan bulu mata mulai tumbuh , kuku dan rambut pada kepala bayi juga mulai tumbuh, serta bagian tubuh lainnya.

    Sebenarnya tidak bisa dibandingkan antara kehamilan ini dan sebelumnya karena kadang meskipun berbeda secara ukuran namun sama – sama berada dalam perumbuhan dan perkembangan yang baik.

    Sebenarnya yang perlu menjadi perhatian adalah apa yang menyebabkan anda sering mengalami perdarahan selama kehamilan. Jika memang sudah dilakukan pemeriksaan oleh dokter dan dinyatakan baik – baik saja baik ibu maupun janin sebaiknya memang tidak perlu dikhawatirkan terlalu berlebihan. Yang bisa anda lakukan adalah terus mengobservasi tubuh anda dan janin dari hari ke hari, misalnya dengan merasakan pergerakan janin apakah aktif atau tidak dan lain sebagainya. Anda pun harus rutin memeriksakan diri ke dokter setidaknya tiap satu bulan sekali agar tetap terpantau kondisi tumbuh kembang janin anda.

    Memahami Proses Kehamilan, Tahap Demi Tahap

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Apa yang Harus Dilakukan Jika Ukuran Perut Kecil Saat Hamil?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.