• Saya sudah di operasi di bagian belakang telinga, karena adanya tumor. Setelah operasi mulut saya menjadi miring sebelah, wajah saya bagian kanan tidak bisa berfungsi dan selalu mengeluarkan air mata. Katanya 7 urat saraf saya telah putus. Apakah urat saraf saya yang putus bisa disambung kembali?

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Sebelum menjawab pertanyaan anda, sebenarnya perlu ada yang dipastikan yakni apakah yang dimaksud dengan urat saraf yang rusak terjadi pada saraf saja ataukan terjadi pula pada tendo dan juga pembuluh darah? Jika yang dimaksud bagian yang putus adalah tendo (jaringan yang menghubungkan tulang dan sendi) maka proses penyambungannya akan lebih mudah jika terjadi pada saraf dan pembuluh darah. Proses pemulihan pada tendo pun akan lebih mudah.

    Penyambungan saraf memang bisa dilakukan namun apakah setelahnya organ tubuh yang dipersarafi bisa berfungsi normal atau tidak tergantung dari proses pemulihan saraf itu sendiri. Seringkali memang menimbulkan gejala sisa bagi si pasien baik berupa kesemutan ataukah hingga rasa baal dan bahkan kelumpuhan fungsi motorik (geraknya). Bisa atau tidaknya saraf disambung ditentukan dari seberapa beratnya kerusakan, bagian saraf yang terkena, usia pasien dan lain sebagainya.

    Untuk memastikan penyebab keluhan anda maka silakan periksakan diri secara langsung ke dokter karena perlu dilakukan pemeriksaan secara lebih detail baik dengan pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang guna mengetahui kondisi anda. Pengobatan yang dilakukan pun tergantung dari penyebab keluhan tersebut.

    Hemiparesis : Gejala, Penyebab, Pengobatan

    Saraf Tendon Putus, Apa Bisa Nyambung Kembali?

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Apakah Urat Saraf yang Putus Dapat Disambung Kembali?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.