• Assalamualaikum ,dok.

    Saya ingin bertanya perihal tumbuhnya urat urat di sekitar payudara saya, ketika saya duduk di bangku mts urat urat tersebut sudah mulai menonjol tapi warnanya coklat lebih gelap dari warna kulit saya.

    Namun, dengan beriring nya waktu urat urat tersebut berubah warna menjadi lebih cerah dari kulit saya. Dan terkadang itu bisa gatal, tapi sangat jarang.

    Selain itu, sekitaran urat urat itu juga ditumbuhi bulu bulu halus. Berdasarkan dari beberapa yang artikel saya baca, payudara berurat merupakan salah satu gejala kanker payudara. Apakah itu benar dok?

    Selamat pagi.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan urat di payudara. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Mungkin maksud anda urat pada payudara  sebenarnya adalah pembuluh darah yang berada di sekitar payudara. Adanya pembuluh darah ini merupakan hal normal.

    Pembuluh darah pada payudara biasanya akan bertambah besar dan lebar serta terlihat jelas ketika payudara “membengkak” misalnya saat menstruasi, saat hamil dan menyusi. Namun bisa juga disebabkan oleh hal lainnya.

    Untuk keluhan gatal pada area tersebut sebenarnya bisa saja terkait dengan keluhan pembuluh darah yang melebar namun bisa juga tidak. Penyebab gatal bisa karena alegi, infeksi jamur, keringat berlebihan dan masih banyak lagi.

    Untuk keluhan kanker payudara sendiri ada berbagai hal antara lain munculnya benjolan pada payudara, pori – pori kulit payudara melebar seperti kulit jeruk, bisa juga disertai munculnya borok atau luka pada payudara dan masih banyak lagi. Namun pada tahap awal biasanya keluhan ini masih tak terlalu jelas.

    Oleh karena itu disarankan bagi wanita untuk selalu melakukan pemeriksaan payudara sendiri sebulan sekali saat berada di waktu menstruasi untuk memastikan ada tidaknya benjolan yang tumbuh di payudara. Selain itu pada wanita yang memiliki keturunan kanker payudara disarankan untuk rajin cek ke dokter.

    Kanker Payudara – Faktor Risiko dan Penyebab

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Urat Urat di Payudara

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.