• Nindi Putriana

    Selamat malam dok

    Anak saya waktu umur 9 bulan vaksin campak di bidan (24 Agustus 2017)

    Umur 10 bulan vaksin MR di posyandu, yang program pemerintah serentak yang katanya “wajib” (September 2017)

    23 mei 2018 usia 18 bulan vaksin DPT ulang di bidan.

    Kemudian dijadwalkan vaksin MR ULANG 28 juni 2018, karna saya lupa akhirnya terlewat. Dan dijadwalkan kembali agustus 2018.

    Tapi 2 hari yang lalu saya baca artikel dr. Apin katanya gak perlu vaksin MR ulang.

    Jadi bagaimana dok, harus vaksin MR ulang atau tidak perlu?

    Selamat pagi.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang vaksin MR ulang. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Vaksinasi berperan penting untuk mencegah agar tidak terserang bibit penyakit dan mencegah perkembangan mikroorganisme tersebut menjadi lebih parah yang dapat menyebabkan dampak fatal bagi pasien berupa kematian. Salah satu vaksin atau imunisasi wajib adalah imunisasi campak dan rubela yang sedang digaungkan saat ini atau dikenal dengan vaksin MR. Vaksin MR merupakan kombinasi vaksin Campak atau Measles (M) dan Rubella (R) untuk perlindungan terhadap penyakit Campak dan Rubella. Imunisasi MR diberikan untuk semua anak usia 9 bulan sampai dengan kurang dari 15 tahun selama kampanye imunisasi MR. Selanjutnya, imunisasi MR masuk dalam jadwal imunisasi rutin dan diberikan pada anak usia 9 bulan, 18 bulan, dan kelas 1 SD/sederajat menggantikan imunisasi Campak.

    Pada anak yang telah mendapatkan vaksin campak perlu untuk tetap mendapatkan vaksin MR dengan tujuan untuk mendapat kekebalan terhadap Rubella. Imunisasi MR aman bagi anak yang telah mendapat 2 dosis imunisasi Campak. Sesuai rekomendasi IDAI tahun 2017 apabila anak sudah mendapatkan vaksin campak pada usia 9 bulan, maka vaksin MMR/MR diberikan pada usia 15 bulan (jarak pemberian minimal 6 bulan). Namun pada masa kampanye ini pemerintah menyarankan untuk semua anak dalam rentang usia sasaran dianjurkan untuk ikut mendapatkan vaksinasi MR tanpa mempedulikan status imunisasinya.

    Begitu pula pada anak yang belum mendapat vaksin campak maka sangat penting untuk mendapatkan vaksin MR. Tidak perlu menunggu pemberian vaksin campak yang pertama, pada prinsipnya jika anak sudah masuk usia 9 bulan maka berilah vaksinasi MR ini sesuai dengan apa yang dicanangkan pemerintah. Begitu pula pada anak yang telah mendapatkan vaksin MMR, pemberian vaksin MR aman diberikan kepada anak yang sudah mendapat vaksin MMR.

    Tidak masalah jika anda ingin memvaksin MR ulang.

    Silakan baca artikel berikut:

    Imunisasi Campak : Jadwal, Manfaat, Efek Samping

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Vaksin MR

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.