• Dok. saya hamil 7 jalan 8 w.. waktu USG kemarin hasil nya kantung sudah ada tapi janin belum ada kata nya belum berkembang, d suruh USG ulang 2 minggu lagi.

    dan saat periksa saya sudah mengalami flek coklat tapi keesokan hari nya saya malah pendarahan ringan seperti menutrisi setiap buang air kecil pasti pendarahan.

    Saya bingung harus bagai mana? Apakah saya BO atau keguguran atau wajar saja? Mohon dok jawaban nya karena saya takut sekali dengan semua ini hamil pertama.

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Perdarahan pada minggu awal kehamilan sering terjadi karena beberapa hal antara lain karena blighted ovum dan juga keguguran (abortus). Blighted ovum merupakan kehamilan seorang wanita tanpa adanya embrio dalam kantung kehamilannya. Saat pembuahan terjadi, sel-sel tetap membentuk selaput dan kantung ketuban serta plasenta. Akan tetapo telur yang telah dibuahi tidak berkembang menjadi embrio. Oleh karena itu pada minggu awal kehamilan ibu hamil yang mengalami BO tidak merasakan adanya keluhan dalam kehamilannya karena kantung kehamilan memang berkembang seperti normalnya, produksi hormon HCG tetap meningkat, dan lain sebagainya. Akan tetapi ketika umur kehamilan mencapai usia 6 hingga 8 minggu, saat dilakukan USG ternyata diketahui bahwa tidak ada embrio atau janin yang berada dalam kantung kehamilan tersebut. Penegakan diagnosis blighted ovum memang memerlukan pemeriksaan USG untuk memastikan ada tidaknya embrio dalam kantung kehamilan. Hal ini juga untuk membedakannya dengan kejadian abortus.

    Abortus atau keguguran terdapat janin atau embrio di dalam kantung kehamilan. Namun janin tidak bisa tumbuh dan bertahan dalam rahim ibu. Janin muda tersebut keluar secara spontan lewat jalan lahir disertai darah dan juga keluhan nyeri yang cukup hebat dirasakan oleh ibu. Untuk memastikan diagnosis yang anda alami perlu pemeriksaan fisik dan penunjang berupa USG. Oleh karena itu silakan konsultasi langsung dengan dokter.
    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Wajar atau Keguguran? Apa Kah itu BO?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.