• Sudah 3 tahun lebih saya menggunakan suntik kb 3 bulan. Namun sudah 2 minggu ini saya berhenti menggunakannya. Berikut beberapa pertanyaan yang ingin saya tanyakan:

    1. Apakah bisa saya kembali menggunakan suntik kb 3 bulan setelah 2 minggu berhenti atau telat dari jadwal saya di suntik?
    2. Apakah bisa jika saya ingin langsung mengganti alat kontrasepsi dari suntik kb 3 bulan menjadi kb spiral?
    3. Setelah 2 minggu berhenti kb 3 bulan apakah saya bis langsung hamil jika dalam waktu 2 minggu itu saya sering hubungan dengan suami?

    Mohon penjelasannya. Terima kasih.

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Alat kontrasepsi berperan untuk mencegah kehamilan. Jenisnya bisa berupa KB hormonal seperti KB suntik 3 bulan dan KB nonhormonal seperti IUD. Jika anda mengalami keterlambatan penyuntikan KB 3 bulan, alangkah baiknya anda memeriksakan kehamilan terlebih dahulu sebelum melakukan penyuntikan KB. Karena dikhawatirkan saat anda terlambat suntik maka proteksi akan kehamilan tidak ada.

    Namun memang biasanya pasca penggunaan KB 3 bulan seorang wanita butuh waktu selama beberapa bulan untuk mengembalikan kesuburannya sehingga biasanya tidak langsung segera hamil. Namun segala kemungkinan tetap bisa terjadi. Oleh karena itu disarankan memang untuk memeriksan kehamailan terlebih dahulu.

    Penggantian KB hormonal seperti KB 3 bulan dengan KB nonhormonal seperti IUD bisa dilakukan. Namun sama halnya dengan keterangan di atas, maka sebaiknya anda memeriksakan kehamilan terlebih dahulu. Jangan sampai saat anda hamil, alat kontrasepsi malah digunakan karena dapat mempengaruhi janin yang dikandung.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Waspadai Efek Samping KB Suntik 3 Bulan

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Apakah Boleh Jika Langsung Mengganti Alat Kontrasepsi dari Suntik Kb 3 Bulan Menjadi Kb Spiral?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.