Vitabumin obat apa?

Vitabumin adalah suplemen makanan untuk anak-anak yang mengandung madu, ekstrak ikan gabus dan ekstrak temulawak. Kombinasi ketiganya sangat bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh si kecil serta membantu tumbuh kembang optimalnya.

Suplemen madu gabus temulawak ini diproduksi oleh CV. Jogja Natural Herbal untuk Aksamala. Komposisinya yang bersumber dari bahan alami membuat suplemen ini dikategorikan sebagai obat atau suplemen bebas yang dapat dibeli tanpa resep dokter. Ketahui lebih lanjut kegunaan, dosis, cara penggunaan, efek samping suplemen ini serta keamanannya jika dikonsumsi ibu hamil.

Ikhtisar Obat Vitabumin

Jenis obatSuplemen makanan
KandunganMadu, ekstrak ikan gabus, temulawak
KegunaanMenjaga daya tahan tubuh anak dan menunjang nutrisinya
KategoriObat bebas
KonsumenAnak-anak
KehamilanKonsultasikan dengan Dokter
SediaanBotoh Vitabumin Madu Ikan Gabus 120 ml
vitabumin madu ikan gabus dan temulawak

vitabumin madu ikan gabus dan temulawak

Mekanisme Kerja

Cara kerja Vitabumin dapat dicermati dari kandungan bahan aktifnya yang berupa:

  • Madu (mel depuratum) merupakan bahan makanan alami yang sudah terbukti khasiatnya sejak dulu. Pembuktian khasiat madu secara ilmiah juga sudah banyak dilakukan. Beberapa manfaat penting madu biasa Anda baca pada artikel ini: Manfaat Madu.
  • Ekstrak ikan gabus (Ophiocephalus striatus) yang kaya akan albumin, Zn, Cu dan Fe, merupakan sumber protein yang sangat baik untuk memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak terutama saat pemulihan pasca sakit.
  • Ekstrak temulawak (Curcuma xanthorrhiza rhizoma) sudah terkenal sebagai herbal yang dapat meningkatkan nafsu makan anak-anak dan beberapa manfaat lainnya yang bisa Anda cermati pada artikel berikut: Manfaat temulawak.

Indikasi atau Kegunaan Vitabumin

Madu Vitabumin merupakan suplemen makanan yang khusus diformulasikan untuk membantu menjaga daya tahan tubuh anak-anak dan menunjang kebutuhan nutrisi dan vitamin untuk tumbuh kembangnya yang optimal.

Kontraindikasi

Karena mengandung bahan-bahan alami berkhasiat dari alam, Vitabumin cukup aman dikonsumsi oleh anak-anak maupun dewasa. Kontraindikasi mungkin terjadi hanya jika seseorang memiliki hipersensitifitas atau alergi terhadap bahan-bahan yang ada di Madu Vitabumuin ini.

Dosis Vitabumin dan Cara Penggunaan

Vitabumin tersedia dalam bentuk sediaan syrup dengan kandungan madu, ekstrak ikan gabus dan ekstrak temulawak.

Dosis yang tepat sesuai yang dianjurkan dokter berdasarkan berat ringannya penyakit, berat badan, usia, dan lain-lain. Atau berdasarkan dosis yang tertera pada kemasannya.

Adapun dosis yang lazim digunakan adalah sebagai berikut:

  • Dosis anak umur 1 – 3 tahun: 2 sendok teh 2 kali sehari.
  • Dosis anak umur 3 – 12 tahun: 2 sendok makan 3 kali sehari.

Petunjuk Penggunaan:

  • Vitabumin dapat langsung diberikan pada anak tanpa perlu dicampur air. Atau bisa juga dicampurkan dengan minuman lain seperti susu teh atau minuman lainnya yang disukai anak-anak.
  • Selalu ikuti anjuran dokter atau petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan sebelum mulai mengonsumsinya.

Efek Samping Vitabumin

Madu Vitabumin tergolong aman dari efek samping karena dibuat dari bahan-bahan alami yang baik untuk tubuh. Namun beberapa efek samping mungkin muncul akibat kandungan madu dan temulawak jika dikonsumsi jangka panjang seperti munculnya masalah pada pencernaan namun hal ini jarang terjadi. Efek samping botulisme pada bayi akibat konsumsi madu juga mungkin terjadi. Oleh karena itu Vitabumin tidak direkomendasikan diberikan pada anak di bawah 1 tahun.

Efek samping juga mungkin terjadi untuk orang yang memiliki riwayat alergi terhadap ikan gabus atau kandungan lain pada suplemen ini. Apabila terjadi alergi maka gejala yang muncul dapat berupa gatal dan ruam di kulit, pembengkakan pada wajah, bibir dan saluran nafas sehingga menyebabkan sesak nafas. Jika hal ini terjadi segera hubungi dokter untuk mendapatkan pertolongan segera.

Efek Overdosis Vitabumin

Belum ada data yang menunjukkan adanya efek overdosis dari madu Vitabumin. Namun pemberian suplemen ini pada bayi mungkin dapat menyebabkan masalah pada pencernaan dan efek botulisme. Jika muncul sembelit dan kelesuan pada anak mungkin itu disebabkan oleh kondisi tadi, konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan segera.

Peringatan dan Perhatian

Sebelum dan selama menggunakan obat ini, harap perhatikan hal-hal dibawah ini:

  • Hindari memberikan madu ini pada bayi atau anak-anak dibawah 1 tahun.
  • Simpan suplemen madu ini pada tempat yang kering dan terhindar dari sinar matahari langsung.

Kehamilan dan Menyusui

Bolehkah Vitabumin untuk ibu hamil dan menyusui?

  • Vitabumin sebenarnya madu yang diformulasikan untuk anak-anak. Namun jika ibu hamil ingin mengonsumsi madu ini sebaiknya dikonsultasikan dulu dengan dokter atau hanya dalam jumlah sedikit saja. Karena meskipun kandungannya yang tinggi vitamin mineral dan protein madu ini juga mengandung temulawak yang belum diketahui efeknya untuk ibu hamil, jadi untuk menghindari risiko yang mungkin muncul sebaiknya konsultasikan dahulu dengan dokter Anda.
  • Konsumsi madu oleh ibu hamil sebenarnya sangat dianjurkan, namun kandungan temulawak pada Vitabumin perlu diperhatikan asupannya. Belum ada penelitian yang menunjukkan bahaya dan manfaat temulawak pada ibu hamil, oleh karena itu sebaiknya konsultasikan dahulu dengan dokter Anda sebelum menggunakan suplemen ini saat dalam masa menyusui.

Interaksi Obat

Potensi interaksi obat terjadi ketika digunakan bersamaan dengan obat lain sehingga dapat mengubah cara kerja obat. Sebagai akibatnya, risiko efek samping dapat meningkat, obat tidak bekerja, atau bahkan menimbulkan efek beracun yang membahayakan tubuh. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui obat apa saja yang Anda konsumsi dan beritahukan kepada dokter.