11 Buah yang Tidak Boleh Dimakan Ibu Hamil

Saat hamil, bunda memang disarankan mengonsumsi banyak makanan bergizi, dan salah satu sumber pangan yang dimaksud adalah buah-buahan. Namun faktanya, tidak semua buah baik untuk ibu hamil. Untuk itu kenalilah berbagai jenis buah yang tidak boleh dimakan oleh ibu hamil.

Ada sejumlah alasan, kenapa beberapa buah tidak boleh dimakan ibu hamil, diantaranya menyebabkan kontraksi rahim bahkan keguguran, gangguan pencernaan seperti perut perih, kembung, ataupun konstipasi (BAB keras). Sebagian dari buah-buahan tersebut harus dihindari dan sebagian hanya perlu dibatasi.

Inilah daftar jenis buah yang tidak boleh dimakan ibu hamil:

1. Nanas

buah nanas tidak boleh untuk ibu hamil

Sebagian ibu hamil percaya kalau minum jus nanas bisa mempermudah proses persalinan. Hal ini mungkin ada benarnya, mengingat bromelain dalam nanas bisa melunakkan leher rahim atau jalan lahir. Bromelain didapati mampu memicu pembukaan serta kontraksi rahim.

Namun tak banyak yang tahu kalau buah ini justru dapat menyebabkan keguguran bila dikonsumsi pada trisemester pertama kehamilan. Alasannya sama, ya karena efek bromelain terhadap rahim tadi.

Oleh karenanya, pada trisemester pertama kehamilan atau hamil muda, bunda tidak disarankan mengonsumsi nanas. Setelah periode tersebut, tak mengapa kalau bunda ingin makan sedikit nanas karena buah inipun kaya nutrisi. Hanya tetap jangan kebanyakan atau terlalu sering.

Terkait hal ini, ada penjelasan lebih lengkapnya disini: Makan Nanas Saat Hamil, Aman atau Berbahaya?

2. Pepaya mentah

pepaya mentah buah yang tidak boleh dimakan ibu

Pepaya mentah umumnya mengandung beragam enzim yang dapat memicu kontraksi rahim serta melunaknya jalan lahir. Ini menyebabkan janin bisa lahir sebelum waktunya, atau mengalami keguguran. Karena itu, jangan sekali-kali mengonsumsi pepaya yang masih mentah ya bun?!

Pilih saja pepaya matang yang kaya manfaat, seperti melancarkan buang air besar dan sumber dari berbagai nutrisi penting.

3. Pisang mentah

buah pisang mentah tidak boleh dimakan ibu hamil

Selama ini pisang merupakan salah satu buah wajibnya ibu hamil. Itu memang benar, kalau pisangnya matang.

Lain halnya dengan pisang yang masih mentah. Pisang mentah menjadi buah yang tidak boleh dimakan ibu hamil, karena banyak mengandung pati resisten, yang sulit dicerna tubuh. Selain itu, pisang mentah juga lebih banyak kandungan taninnya, kandungan yang dapat memperlambat proses pergerakan makanan di usus.

Jadi, bila ibu hamil sampai makan pisang mentah, maka risiko ia mengalami konstipasi jadi lebih tinggi.

4. Leci

buah leci tidak boleh dimakan ibu hamil

Kesegaran citarasa leci agaknya tidak bisa dinikmati ibu hamil karena buah ini bersifat ‘panas’. Jika kehamilan saja sudah membuat tubuh bunda kepanasan, maka mengonsumsi leci akan memperburuk kondisi tersebut. Tak hanya berdampak pada janin, bunda bisa mengalami sakit perut hingga pendarahan yang memicu keguguran.

Namun demikian, efek buruk mengonsumsi buah ini selama hamil, tentu dipengaruhi oleh jumlah konsumsinya. Jadi apabila bunda tidak bisa menahannya, maka tak mengapa mencicipinya satu atau dua buah dalam sehari.

5. Kentang berkecambah

kentang berkecambah untuk ibu hamil

Jika bunda mendapati bahwa simpanan kentang didapur sudah mulai bertunas (berkecambah), maka sebaiknya jangan dikonsumsi. Makanan satu ini sebenarnya tak hanya berbahaya bagi ibu hamil saja, namun juga semua orang.

Alasannya, karena kentang berkecambah mengandung toksin yang berbahaya bagi kesehatan, yaitu Solanin. Komponen ini bisa menghambat pertumbuhan janin dan meningkatkan risiko keguguran. Jadi untuk amannya, bunda hindari dulu semua makanan yang mengandung kentang.

6. Apel liar

apel liar buah yang tidak boleh dimakan ibu hamil

Jika di jalanan, bunda menemukan pohon apel liar, jangan buru-buru memetik lalu memakannya. Apel liar yang biasanya terasa asam, pahit, dan manis ini sepintas tampak cocok untuk meredakan morning sickness.

Tapi siapa sangka kalau buah ini dapat membuat rahim bergejolak dan berkontraksi, yang mana bisa menyebabkan keguguran atau bayi lahir prematur.

7. Persik

buah persik tidak boleh dimakan ibu hamil

Walau manis, namun buah persik juga bersifat ‘panas’. Terlalu banyak mengonsumsinya bisa menyebabkan ibu hamil berisiko mengalami pendarahan.

Di samping itu, kulit persik yang berambut juga bisa bikin tenggorokan gatal dan terbakar.

Oleh sebab itu, buah ini masuk dalam daftar buah yang tidak boleh dimakan ibu hamil karena berisiko menyebabkan keguguran. Meskipun beberapa sumber masih membolehkan ibu hamil mengonsumsinya dalam jumlah yang sedikit.

8. Kesemek

buah kesemek tidak untuk ibu hamil

Jangankan bagi ibu hamil, untuk orang normal saja, kesemek bisa menyebabkan konstipasi. Penyebabnya karena kesemek mengandung kadar tanin yang tinggi.

Jadi ibu hamil yang saat ini sudah menderita konstipasi, ada baiknya menjauhi buah satu ini dan atasi dengan: Cara Aman Mengatasi Susah BAB Saat Hamil Tanpa Obat

9. Durian

buah durian tidak boleh dimakan ibu hamil

Ibu hamil yang doyan durian memang harus belajar menahan diri. Buah ini bukannya tidak boleh dimakan ibu hamil, hanya perlu dibatasi konsumsi. Hal ini terkait dengan kandungan alkohol dan asam arachidonat yang dapat meningkatkan kontraksi dan bayi lahir prematur.

Untuk meredakan rasa ngidam, tidak mengapa mengonsumsi durian dua atau tiga biji sehari (bukan 2 atau 3 buah ya).

10. Nangka

buah nangka untuk ibu hamil

Tak jauh beda dari beberapa buah yang disebutkan sebelumnya, nangka juga bersifat ‘panas’. Tak jarang perut ibu hamil jadi terasa panas usai mengonsumsi buah satu ini.

Namun demikian, buah ini tidak mutlak harus dihindari. Bunda yang sudah pernah mencobanya selama hamil dan ternyata baik-baik saja, maka tak mengapa melanjutkannya. Asalkan dibatasi jumlahnya.

Lain halnya bagi bunda yang memiliki masalah lambung ataupun kembung, maka mengonsumsi buah yang satu ini sebaiknya jangan.

Jika ada yang beranggapan bahwa buah nangka tidak boleh dimakan ibu hamil karena menyebabkan keguguran, maka hal ini adalah mitos belaka!

11. Semua buah yang tidak dicuci bersih

Meski hampir semua buah (kecuali yang disebutkan di atas) sehat bagi ibu hamil, namun kalau belum dicuci bersih, maka itu tetap tidak dianjurkan untuk ibu hamil. Alasannya sederhana, buah yang belum dicuci rawan mengandung pestisida serta bakteri berbahaya yang dapat memicu keguguran ataupun cacat pada bayi.

Jadi, itulah tadi bun daftar buah yang tidak boleh dimakan ibu hamil. Semoga ulasan kali ini menambah wawasan kita semua!

Lihat sumber

DISKUSI TERKAIT