12 Manfaat Semangka untuk Ibu Hamil Beserta Efek Sampingnya

Tak sekedar sebagai pemuas dahaga saja, manfaat semangka untuk ibu hamil ternyata cukup banyak. Hal ini tidak terlepas dari kandungan berbagai vitamin dan mineral yang ada di dalamnya. Disamping itu buah yang kaya air ini juga mudah didapat dengan harga terjangkau.

Saat hamil, ibu tak hanya bertanggung jawab untuk menjaga dirinya saja, namun juga janin dalam kandungan. Oleh sebab itu, pada momen ini penting bagi ibu agar selalu memilih makanan yang bergizi dan juga sehat. Yang termasuk makanan sehat untuk ibu hamil adalah buah-buahan.

manfaat semangka untuk ibu hamil

Apa Manfaat Semangka untuk Ibu hamil?

Salah satu buah yang harus dikonsumsi ketika hamil adalah semangka. Berikut beberapa manfaat semangka untuk ibu hamil:

  1. Meredakan morning sickness
  2. Mencegah kram
  3. Mencegah kanker dan penyakit kardiovaskular
  4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  5. Mengurangi resiko preklampsia
  6. Membantu perkembangan buah hati
  7. Sumber energi
  8. Mengurangi pembengkakan
  9. Mencegah dehidrasi
  10. Mencegah pigmentasi
  11. Efek diuretik
  12. Meredakan rasa heart burn (rasa panas/ terbakar di perut)

Mari kita simak penjelasan tiap poin di atas berikut ini:

1 | Meredakan morning sickness

Manfaat semangka yang pertama ini tentu merupakan berita gembira, khususnya bagi para ibu yang sedang hamil muda dan selalu bergumul dengan mual di setiap paginya. Daripada mengonsumsi obat-obatan yang belum tentu aman, ibu dapat memanfaatkan kesegaran semangka sebagai penghilang mual sekaligus menu sarapan sehat di pagi hari.

2 | Mencegah kram

Tak hanya baik untuk kehamilan di trisemester pertama, semangka juga dapat mencegah kram ketika usia kandungan memasuki trisemester ketiga. Jadi agar adan mendapatkan manfaat semangka selama hamil, maka konsumsinya bisa sampai ibu melahirkan.

3 | Mencegah kanker dan penyakit kardiovaskular

Menurut para ahli, kandungan likopen dalam buah semangka lebih banyak jumlahnya ketimbang tomat. Likopen sendiri merupakan jenis antoksidan yang dapat mencegah kanker dan penyakit kardiovaskular. Memang tidak hanya ibu hamil saja yang bisa merasakan manfaat semangka yang satu ini.

4 | Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Selain itu, “likopen juga berperan aktif untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah infeksi, dan sebagai SPF alami kulit,” ujar Steven Pratt, M.D., penulis SuperFoods Rx.

5 | Mengurangi resiko preklampsia

Menurut sebuah studi yang dipublikasikan dalam International Journal of Gynecology and Obstetrics, mengonsumsi 4 mg likopen setiap hari dapat mengurangi resiko preklampsia hingga 50%.

Preklampsia adalah gangguan kehamilan yang ditandai dengan tekanan darah tinggi, serta tingginya kadar protein dalam urin. Kalau kadar protein dalam urin tinggi, maka itu bisa jadi pertanda adanya kerusakan ginjal.

Manfaat semangka untuk ibu hamil yang satu ini diperantarai oleh kandungan likopen yang tinggi. Dalam 1 porsi semangka saja diperkirakan mengandung 12 mg likopen, jumlah ini tentu 3 kali lipat lebih banyak ketimbang saran dari studi di atas.

6 | Membantu perkembangan buah hati

Para ahli mendapati bahwa semangka mengandung vitamin A, C, B6, magnesium, dan potasium. Semua nutrisi ini sangat penting untuk tumbuh kembang janin terutama dari segi otak, saraf, mata, sistem imun, dan lain sebagainya.

Bagi ibu hamil sendiri, potasium bagus untuk menyeimbangkan kadar air dalam darah maupun jaringan tubuh selama kehamilan.

7 | Sumber energi

Rasa manis pada semangka menandakan adanya kandungan gula. Gula dan deretan nutrisi lain di dalam semangka tersebut menjadi sumber energi tambahan bagi ibu hamil.

8 | Mengurangi pembengkakan

Edema atau kondisi bengkaknya kaki dan tangan termasuk salah satu kondisi tidak nyaman yang sering terjadi selama masa kehamilan. Namun karena kandungan air dalam semangka sangat tinggi, mencapai 92%, maka buah ini dapat mengurangi penyumbatan dalam pembuluh darah dan otot sehingga mencegah edema. Baca: Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil dan Mengatasinya

9 | Mencegah dehidrasi

Semua ibu hamil pasti disarankan minum banyak air untuk mencegah dehidrasi. Meski terlihat sepele, namun kurang cairan ternyata berbahaya karena dapat memicu kontraksi dini yang berujung pada bayi lahir prematur.

Jadi kalau ibu merasa eneg dengan air putih biasa, maka minum jus atau mengudap potongan semangka bisa jadi solusi menghidrasi tubuh dengan cara yang menyegarkan.

10 | Mencegah pigmentasi

Kebanyakan ibu hamil mengalami pigmentasi di kulitnya yang disebabkan oleh menumpuknya toksin dalam tubuh. Walau tak mengancam keselamatan, namun kondisi ini dapat merusak mood sekaligus penampilan ibu hamil. Oleh sebab ITU semangka bisa membantu melancarkan pencernaan dan mengeluarkan racun dari tubuh, maka sebagai dampaknya, tekstur kulitpun jadi lebih sehat.

11 | Efek diuretik

Sering buang air kecil setelah makan semangka? inilah efek diuretik yang dimaksud. Usai dikonsumsi, semangka bisa menimbulkan efek diuretik sehingga membantu mengeluarkan racun dari tubuh. Tak cuma mampu merangsang kinerja ginjal, semangka juga berjasa dalam memurnikan liver serta menurunkan asam urat dalam darah. Maka Andapun juga harus menghindari makanan penyebab asam urat.

12 | Meredakan rasa heart burn (rasa panas/ terbakar di perut)

Saat hamil, ibu biasanya mengalami serangkaian masalah pencernaan mulai dari asam lambung hingga heart burn. Nah, buah ‘dingin’ seperti semangka ini dapat menyejukkan perut maupun saluran cerna. Supaya tidak bosan, Anda bisa mengonsumsi semangka dalam berbagai cara, mulai dari sebagai jus, isi salad, acar, hingga smoothies.

Ada banyak lagi buah yang baik untuk ibu hamil, silahkan kunjungi: Memilih Buah yang Baik untuk Ibu Hamil

Adakah Efek Samping Semangka untuk Ibu Hamil?

Meskipun menyehatkan dan banyak manfaatnya untuk ibu hamil, namu n semangka ternyata juga dapat menimbulkan efek samping kalau dikonsumsi berlebihan, seperti:

# Diabetes kehamilan

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, bahwa rasa manis pada semangka menandakan adanya kandungan gula yang tak sedikit. Oleh sebab itu, makan semangka terlalu banyak dapat meningkatkan kadar glukosa dalam darah sehingga memicu terjadinya diabetes kehamilan.

# Detoksifikasi berlebihan

Salah satu manfaat semangka untuk ibu hamil seperti disebutkan di atas, dapat menjaga organ dalam tetap sehat karena membantu mengeluarkan racun dari tubuh. Namun kalau dikonsumsi berlebihan, buah ini juga bisa mengikis nutrisi penting yang justru dibutuhkan tubuh.

# Masalah lambung

Anda sebaiknya mengonsumsi semangka yang baru dipotong karena semangka yang sudah dikupas lama justru dapat memicu mual, muntah, dan gangguan lambung lainnya.

Dan supaya manfaat semangka untuk ibu hamil tidak jadi bumerang, maka jangan segan untuk berkonsultasi lebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi buah ini.

 

DISKUSI TERKAIT

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer