Bolehkah Ibu Hamil Makan Mie Instan? Ini Jawaban yang Benar

Ditinjau dari satu sisi, mie instan memang memiliki banyak kelebihan, seperti harganya yang murah, lezat, dan mudah dalam proses pembuatannya. Karenanya tak heran jika banyak orang suka mengonsumsinya, meskipun sebenarnya mereka tahu kalau mie instan ‘tidak’ sehat.

Tak ketinggalan para ibu hamil, bagi bunda yang sebelumnya sudah hobi makan mie instan sepertinya harus berpikir lagi mengenai keamaan mie instan bila dikonsumsi oleh ibu hamil.

Bolehkah ibu hamil makan mie instan?

Pertanyaannya sekarang, bagaimana bila ada ibu hamil yang ngidam makan mie instan?! Apakah ia boleh mengonsumsinya? Jawaban terkait pertanyaan ini pastilah bisa Anda duga. Menurut ahli kesehatan, adalah lebih baik bagi ibu hamil untuk menjauhi mie instan.

bolehkah ibu hamil makan mie instan

Tapi kalaupun ia sangat menginginkannya, maka disarankan untuk memilih jenis yang lebih sehat (dengan label non-MSG misalnya), serta yang kadar garamnya sedikit. Dalam penyajiannya pun perlu ditambahkan sayuran dan lauk lain agar makanan tersebut lebih bernutrisi.

Kandungan gizi dalam mie instan

Mie dari produk mie instan umumnya terbuat dari tepung terigu, kanji, minyak sawit, serta garam. Untuk bumbunya, rata-rata mengandung MSG (monosodium gultamate), bumbu lainnya, serta gula. Tentu saja mie instan juga mengandung zat pengawet yang menjadikannya bertahan lama.

Secara umum, mie instan (mentah) mengandung zat-zat di bawah ini:

Energi1,895 kJ (453 kkal)
Karbohidrat65 g
Serat makanan2,4 g
Lemak17 g
Asam Lemak Jenuh7,6 g
Asam Lemak tak jenuh tunggal6.5 g
Protein9 g
Tiamin (Vitamin B1)(61%) 0,7 mg
Riboflavin (Vitamin B2)(33%) 0,4 mg
Niacin (Vitamin B3)(36%) 5,4 mg
Folat (Vitamin B9)(37%) 147 mcg
Besi(33%) 4,3 mg
Kalium(3%) 120 mg
Sodium(77%) 1160 mg

Simak juga: Bolehkah Ibu Hamil Makan Coklat? Ini Jawaban yang Benar

Mengapa mie instan berbahaya bagi kesehatan?

Ada beberapa faktor yang membuat mie instan berbahaya bagi kesehatan dan juga ibu hamil, yaitu:

  1. Junk food. Mie instan termasuk junk food karena kandungan karbohidrat dan lemaknya yang tinggi.
  2. Refinasi. Karena pembuatannya melibatkan proses refinasi, maka makanan ini miskin gizi. Jadi walau mungkin membuat perut kenyang, namun itu tak memberikan dampak kesehatan apapun bagi tubuh.
  3. Rendah nutrisi. Makanan ini juga rendah kadar vitamin, protein, serat, maupun mineralnya.
  4. Tinggi garam (sodium). Mie instan sangat tinggi kandungan garamnya (1160mg setiap 80gr sajiannya). Padahal orang dewasa dan anak di atas 4 tahun hanya boleh mengonsumsi sodium sebanyak 1500mg saja per harinya. Yang dikemas dalam model cup (100gr) malah bisa mengandung 2700mg sodium. Nah, jika kehamilan saja sudah meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, apalagi bila ditambah dengan asupan sodium. Tentunya kelebihan sodium ini juga dapat berdampak negatif pada bayi.
  5. Kandungan MSG. Memang masih banyak makanan lain yang mengandung MSG, bukan hanya mie instan saja. Selama kehamilan, tubuh masih dapat mentolerir sedikit MSG. Namun jika jumlahnya sudah berlebihan, maka ini dapat membahayakan ibu hamil dan juga bayinya.
  6. Zat Pengawet. Zat pengawet dalam mie instan juga tidak baik bagi kesehatan. Belum lagi bila jenis yang dipakai adalah TBHQ (Tertiary Butylhydroquinone), jenis pengawet yang juga dipakai untuk produk cat, kosmetik, dan pestisida.

Baca juga: 11 Zat Aditif pada Makanan yang Berbahaya

Tips agar sajian mie instan lebih sehat

Bagi yang sudah terlanjur doyan dengan mie instan, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk membuat sajian mie instan sedikit lebih sehat, yaitu:

1. Menambahkan sayuran segar dan/ atau telur rebus

Ibu hamil yang ngidam makan mie instan sebaiknya menambahkan banyak sayuran segar seperti polong-polongan, tomat, kentang, biji-bijian, kubis, wortel, jamur, bawang, sawi, dan lain-lain. Sebagai lauknya, bunda dapat menambahkan telur rebus, ayam, udang, ikan, atau kepiting.

Di samping meningkatkan kadar nutrisi, tambahan sayuran dan lauk tadi juga bisa menambah rasa. Tapi tetap batasi konsumsi mie instan selama hamil, walau bagaimanapun ini bukan makanan sehat. Lebih baik perbanyak Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

2. Pilih produk yang lebih sehat

Belakangan sudah marak beredar berbagai merk mie instan yang ‘lebih sehat’. Ada yang bebas MSG maupun pengawet, lainnya menyediakan pilihan mie yang terbuat dari gandum atau sayuran.

3. Perhatikan minyaknya

Tak jarang mie instan yang kita beli dilengkapi dengan minyak. Anda tinggal memastikan saja agar minyaknya masih segar, bersih, dan tidak tengik.

4. Hindari mie instan yang dilengkapi sayuran

Meski terkesan lebih sehat, namun tambahan sayuran dalam produk menunjukkan bahwa mie tersebut mengandung lebih banyak lagi zat pengawet. Jadi jangan tertipu dengan iming-iming yang seolah lebih sehat tersebut.

Kesimpulannya, walau ada cara untuk membuat sajian mie instan sedikit lebih sehat, tapi ada baiknya ibu hamil tetap menjauhi makanan ini. Ingatlah bahwa apa yang dimakan oleh ibu, pasti berimbas pada janinnya. Jadi kalau ingin anak sehat, jauhilah mie instan selama kehamilan.

DISKUSI TERKAIT