Cara Mempercepat Pembukaan Persalinan

Pembukaan atau bukaan persalinan akan menentukan cepat tidaknya proses persalinan. Bukaan ini menunjukkan seberapa lebar serviks membuka yang biasanya dihitung sebagai bukaan 1, 2, 3, sampai batas maksimal adalah bukaan 10.

Ketika mendekati hari persalinan, akan ada perubahan fisik yang dialami oleh ibu hamil. Perubahan penting yang dimaksud yaitu menjadi lunak dan melebarnya serviks atau mulut rahim yang merupakan respon tubuh dalam mempersiapkan kelahiran.

Masalahnya, tidak semua ibu hamil diberi kemudahan dalam proses pembukaan ini. Bahkan pada beberapa kasus, tak jarang menimbulkan stres ketika bukaan serviks tidak kunjung sampai pada bukaan maksimalnya. Nah, disinilah kenapa kita perlu tahu bagaimana cara mempercepat pembukaan persalinan agar persalinan lancar.

Pelebaran serviks atau disebut pembukaan biasanya diukur dengan jari pemeriksa, bukaan satu berarti ketika bukaan masih satu sentimeter sehingga hanya 1 jari yang bisa masuk, bukaan 2 berarti 2 jari dan seterusnya. Itulah hitungan kasarnya, sampai batas maksimal adalah bukaan 10, dimana kepala bayi sudah siap ‘nongol’.

cara mempercepat pembukaan persalinan

Lamanya proses bukaan bervariasi, umumnya untuk wanita yang baru pertama kali (nulipara) melahirkan bukaan ini terjadi lebih lambat. Berbeda dengan ibu-ibu multipara yang sudah pernah melahirkan sebelumnya. Walau demikian, masih ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk mempercepat proses pembukaan persalinan ini.

Bagaimana Cara Mempercepat Pembukaan Persalinan?

Pertama, Bunda harus selalu berkonsultasi dengan bidan atau dokter sehingga mereka tahu prosedur apa yang tepat bunda jalani. Karena setiap persalinan memiliki keunikan masing-masing dan dalam beberapa kasus ibu hamil perlu mempersiapkan diri untuk kondisi yang tidak biasa. Itulah mengapa, merencanakan cara mempercepat pembukaan persalinan lebih awal akan sangat membantu ibu hamil ke tahap selanjutnya.

Hal terpenting lainnya, gunakanlah metode alami terlebih dahulu. Dengan menggunakan metode alami, serviks akan melebar secara alami. Daripada menjalani prosedur mekanis atau medis yang tidak luput dari resiko, mulai dari resiko yang terkecil hingga resiko yang mengharuskan dilakukannya operasi caesar.

Hal ini sudah difahami oleh profesional medis, sehingga kebanyakan dokter hanya akan menganjurkan ibu hamil untuk mempercepat proses pembukaan atau induksi persalinan saat memang benar-benar diperlukan.

Berikut cara mempercepat pembukaan persalinan secara alami:

1. Sering Berjalan Kaki

Pada saat Bunda sedang dalam masa tunggu persalinan, maka usahakan untuk berjalan kaki sesering mungkin. Kombinasi antara gerakan tubuh dan gravitasi akan membantu bayi turun ke jalan lahir. Selain itu, tekanan yang diberikan kepala bayi pada serviks dapat membantu mempercepat pembukaan dan bahkan penipisan serviks.

Aktivitas ini juga dapat membantu mendorong kontraksi yang selanjutnya akan membantu proses pembukaan. Jangan pernah berjalan sendiri, mintalah suami atau kerabat untuk menemani selama perjalanan agar lebih aman.

2. Gunakan Ball Birth

Berolahraga menggunakan ball birth atau bola melahirkan dapat membantu mengurangi rasa sakit pada punggung dan membantu mempersiapkan otot tubuh untuk proses persalinan.

Bola ini dapat membantu mengurangi nyeri persalinan, mengurangi rasa sakit pada saat kontraksi (terutama jika bunda menggunakannya selama beberapa bulan sebelum melahirkan), mengurangi kecemasan dan mempercepat pembukaan persalinan. Namun jika Anda merasa pusing atau sakit, jangan gunakan ball birth ini.

Cara menggunakan ball birth cukup mudah yaitu dengan duduk atau berjongkok di atasnya. Pada posisi ini otot panggul akan rileks, dan leher rahim melebar lebih cepat. Untuk kenyamanan dan efisiensi maksimal, duduklah di atas bola dengan kaki terbentang, dan topang punggung bunda dengan dinding atau kursi.

Baca Juga: Penyebab Bayi Sungsang

3. Lakukan Olahraga Ringan

Terkadang melakukan olahraga ringan seperti berjalan dengan jarak dekat, seperti yang disebutkan di atas, bisa membantu mempercepat pembukaan persalinan. Alternatif lainnya adalah latihan naik turun tangga dengan langkah panjang dan pelan. Kegiatan ini akan membantu meregangkan dan melebarkan serviks.

Berjalan lebih lebar dan lebih lambat dari biasanya meningkatkan peregangan serviks, dan mendorong membukaan. Usahakan untuk tetap ada yang mengawasi bunda saat melakukan olahraga ringan ini.

4. Mandi Air Hangat

Cobalah mandi dengan menggunakan air hangat untuk membantu merilekskan tubuh dan pikiran. Dengan bersikap lebih santai, bunda dapat mencegah otot tegang yang akan membuat pekerjaan fisik menjadi lebih sulit.

Menggunakan air hangat dapat mengurangi ketegangan sekaligus mempercepat pembukaan persalinan dan kontraksi. Bunda juga bisa berbaring di bath tub air hangat, tapi pastikan ada yang membantu proses masuk dan keluar dari bath tub ya.

Jika ingin mencari cara lain untuk bersantai, cobalah mendengarkan musik yang menenangkan. Bunda juga bisa meminta seseorang untuk memberikan pijatan lembut. Cara ini juga menghasilkan efek yang sama untuk mempercepat pembukaan persalinan.

5. Buang Air Kecil Secara Teratur

Pastikan untuk buang air kecil secara teratur. Karena bila kandung kemih penuh, dapat menghambat kontraksi sehingga akan ada sedikit tekanan pada serviks yang dapat memperlambat pembukaan persalinan.

6. Stimulasi Puting

Stimulasi puting adalah salah satu metode efektif untuk melebarkan serviks. Cara alami ini dapat membantu proses persalinan karena memicu pelepasan oksitosin, yang bisa menyebabkan kontraksi rahim. Meskipun tidak terkait langsung dengan pembukaan serviks, segala sesuatu yang ditujukan untuk perangsangan kelahiran akan sangat membantu.

Bunda bisa menstimulasi puting susu secara manual, dengan pompa payudara, atau mintalah suami untuk berpartisipasi. Jangan berlebihan, stimulasi satu puting setiap lima menit sekali kemudian beristirahat selama kontraksi.

7. Stimulasi Seks

Orgasme juga akan menyebabkan tubuh melepaskan oksitosin. Hal ini juga akan membantu kontraksi rahim. Selain itu, bahan kimia yang disebut prostaglandin, yang ada dalam air mani, juga membantu pelebaran serviks. Bagi beberapa wanita, hubungan seksual adalah cara alami yang paling efektif untuk melebarkan serviks dengan cepat.

8. Akupresur

Akupresur ini mirip dengan akupunktur tapi alih-alih menerapkan jarum ke titik tekanan, bunda cukup memberi tekanan dengan ibu jari pada titik yang harus ditekan. Bunda hanya perlu memahami sedikit tentang anatomi dan tidak memerlukan latihan khusus untuk melakukannya.

Titik tekanan yang paling penting untuk pelebaran terletak di tangan, khususnya sela antara telunjuk dan ibu jari. Sela ini akan terasa sedikit empuk saat ditekan. Tekan selama satu menit atau kurang lalu beristirahatlah selama dua menit dan ulangi lagi hingga dirasa cukup.

9. Memilih Metode Medis

Jika persalianan tak maju-maju, biasanya dokter menyarankan untuk dilakukannya pemecahan kantung amnion, atau ketuban. Kontraksi yang meningkat dapat terjadi setelah kantung ketuban pecah, sehingga membantu mempercepat bukaan persalinan.

Baca: Ketuban Pecah? Seperti Ini Warna Air Ketuban & Baunya

Pertimbangkan juga pilihan lain untuk melebarkan serviks, seperti penyisipan balon serviks atau penggunaan pil atau gel pelunakan serviks, seperti yang disarankan oleh dokter.

Obat-obatan berikut merupakan metode medis yang dianjurkan dokter untuk mempercepat persalinan:

  • Misoprostol adalah preparat prostaglandin yang bisa melembutkan leher rahim saat diletakkan di dalam vagina. Aman, relatif murah, dan biasa digunakan oleh dokter.
  • Dinoprostone (preparat prostaglandin juga). Bunda bisa menggunakannya dengan cara disemprotkan ke dalam lubang leher rahim atau dimasukkan ke dalam vagina dalam bentuk supositoria.
  • Enzim hyaluronidase. Bisa disuntikkan ke serviks untuk membantu melembutkan dan melebarkannya. Kadang-kadang digunakan dalam kasus ketika serviks belum matang sama sekali.

Bunda juga dapat menanyakan ke dokter mengenai kemungkinan pengobatan intravena (infus atau suntikan). Seperti penjelasan sebelumnya bahwa secara alami tubuh menghasilkan oksitosin, nah hormon ini juga dapat diberikan melalui infus. Namun, selalu konsultasikan dengan dokter tentang hal ini, karena kadang-kadang dapat menyebabkan efek samping seperti kontraksi rahim yang sangat kuat dan tak terkendali.

10. Memilih Metode Mekanis

Memilih metode mekanis juga dapat dipertimbangkan, misalnya metode kateter foley. Kateter foley adalah selang fleksibel dengan balon diujungnya. Dokter akan memasukkan kateter ini ke dalam serviks dan mengisinya dengan cairan, kemudian balon membesar dan memberikan tekanan terus menerus pada serviks.

Selain itu, ada juga prosedur untuk memisahkan selaput/membran ketuban, yang berakibat pada pelepasan prostaglandin dan pembukaan serviks yang lebih cepat. Metode ini adalah cara yang paling umum digunakan untuk mempercepat pembukaan persalinan secara mekanis.

Selain itu, diskusilah dengan dokter tentang Laminaria. Laminaria adalah rumput laut yang dikeringkan dan menjadi higroskopik, karena itulah ia akan menarik dan menyimpan air. Saat dokter memasukkan Laminaria ke dalam serviks, ia akan menyerap air dan menjadi besar. Dengan ukuran yang makin membesar ini akan memberikan tekanan tambahan pada serviks dan tentunya akan mendorong pembukaan.

Demikian beberapa cara untuk memercepat pembukaan persalinan, baik secara alami, medis ataupun mekanis. Selalu komunikasikan dengan keluarga tentang rencana persalinan yang diinginkan dan jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan atau bidan yang menangani. Semoga lancar, lahir selamat!

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer